Menu

Torehkan Prestasi Bersejarah di MTQ Nasional XXVIII, Terimakasih Kafilah Provinsi Sumbar

  Dibaca : 100 kali
Torehkan Prestasi Bersejarah di MTQ Nasional XXVIII, Terimakasih Kafilah Provinsi Sumbar
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Asisten III Setdaprov Sumbar, Nasir Ahmad, Kepala Biro Bina Mental dan Kesra, Syaifullah, Ketua Harian LPTQ Sumbar, Damri Tanjung melepas Kafilah Provinsi Sumbar ke daerah masing-masing, Sabtu (21/11) di Padang.

Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berhasil tampil sebagai juara umum pada MTQ Nasional XXVIII tahun 2020. Prestasi bersejarah tersebut diraih, hasil perjuangan kafilah yang tekun berlatih dan mempersiapkan diri sejak dua tahun terakhir. Termasuk juga semua pihak yang terlibat dalam persiapan kafilah.

Tampil sebagai juara umum, prestasi pertama kalinya diraih Provinsi Sumbar sejak diselenggarakannya MTQ Nasional tahun 1968 silam. Prestasi yang diraih ini, setelah Qori dan Qoriah Provinsi Sumbar berhasil menjuarai sembilan golongan cabang lomba, yang berlangsung 15 hingga 21 November 2020.

Dengan prestasi ini, Provinsi Sumbar berhasil mengungguli Provinsi DKI Jakarta yang selama ini langganan juara umum dan Provinsi Jawa Timur serta Jawa Barat. Rincian daerah yang masuk 10 besar. Yaitu, Provinsi Sumbar sebagai juara umum meraih nilai 79, kedua dari DKI Jakarta (73), ketiga dari Jawa Timur (51).

Keempat dari Jawa Barat (47), kelima Kepulauan Riau (26), keenam Sumatera Utara (23), ketujuh Banten (21), kedelapan Riau (16), kesembilan Nusa Tenggara Barat (12) dan juara ke-10 Kalimantan Barat (11)

Sementara, Kafilah Provinsi Sumbar yang berhasil menyabet emas di sembilan golongan cabang lomba, yakni, pertama, pada cabang lomba Tilawah Al Quran golongan anak-anak, atas nama Yazid Hamdi dengan perolehan nilai 96,00.

Medali emas kedua diraih pada cabang lomba Qiraat Al Quran pada golongan lomba Qiraat Mujawwad Dewasa Putra atas nama Abdullah Fikri (95,33). Cabang lomba ketiga, golongan lomba Qiraat Mujawwad Dewasa Putri atas nama Annisa’ul Malikhah (96,83).

Cabang lomba keempat, yang mendapatkan medali emas, pada golongan 5 Juz dan Tilawah Putra atas nama Asraldi (96,75). Cabang lomba kelima adalah cabang Tafsir Al Quran Bahasa Arab Putra atas nama Muhammad Sulthon Annasiro Bahrun (193,25).

Medali emas selanjutnya diraih dari cabang Tafsir Al Quran Bahasa Inggris Putri atas nama Nila Hidayati (186,00). Medali emas ketujuh berhasil diraih pada cabang lomba Fahmil Quran Putra atas nama Rayhan Hafizul Fikri, M. Harun, dan Muhammad Dhonan (1.195).

Medali emas kedelapan berhasil diraih pada cabang lomba Khath Al Quran golongan Naskah Putra atas nama Rivi Pratama Putra (94,2857). Dan medali emas kesembilan diraih pada cabang lomba Khath Al Quran golongan Dekorasi Putri atas nama Nofri Deswita (96,16).

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, prestasi juara umum ini, anugerah yang luar biasa. Apalagi berhasil mengalahkan DKI Jakarta. Sumbar berhasil unggul enam poin dari DKI dengan perolehan angka 79.

“Alhamdulillah, kita bersyukur. Tidak pernah terpikirkan sebelumnya, Sumbar juara umum. Selama ini, Sumbar hanya bisa berada di lima besar. Namun di saat 23 finalis dari Sumbar masuk ke final, barulah terpikir bisa tiga besar. Termasuk dua besar. Ternyata capaiannya sangat membanggakan, Sumbar meraih juara umum,” sebut Irwan Prayitno, saat melepas kepulangan Kafilah Provinsi Sumbar, Sabtu , (21/11) di Padang.

Ia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyiapkan kafilah Sumbar selama dua tahun terakhir. Mulai dari penyeleksian, penjaringan hingga pembinaan yang dilakukan. Semua proses tersebut, keletihan selama ini, terbayar dengan yang telah dihasilkan di MTQ Nasional Tahun 2020.

“Terimakasih kepada pelatih, pendamping, LPTQ, panitia, seluruh pihak yang terlibat. Terkhusus peserta kafilah Sumbar yang telah berjuang memberikan penampilan terbaiknya. Dengan kebersamanan kita ini, membuahkan hasil. Tidak hanya target lima besar, tapi juara umum,” ungkapnya.

Pimpinan Rombongan Kafilah Sumbar, Syaifullah juga menyampaikan rasa syukurnya, atas keberhasilan kafilah Sumbar meraih juara umum MTQ XXVIII Nasional Tahun 2020. Persiapan yang sudah dilakukan selama dua tahun yang dimatangkan sejak tahun 2019, membuahkan hasil yang gemilang. “Alhamdulillah. Kita bersyukur dari target lima besar, Kafilah Sumbar di MTQ Nasional 2020 dapat meraih juara umum,” tambahnya.

Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar itu menyampaikan, dari 54 peserta kafilah Sumbar yang mengikuti delapan cabang di MTQ Nasional, 23 finalisnya masuk ke babak final. Di final, peserta meraih sembilan emas, 10 perak dan empat perunggu.

Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar Damri Tanjung mengungkapkan, keberhasilan ini berkat kesungguhan dalam persiapan dan komitmen serta dukungan dari pemerintah daerah, DPRD dan semua pihak dalam pola persiapan Kafilah Sumbar.

Di mana seleksi yang dilakukan dari berbagai potensi yang ada, dilakukan penjaringan. Dari awalnya 190 lebih atau hampir 200 orang, kemudian diproses tinggal 54 orang peserta inti, yang memperkuat Sumbar di MTQ Nasional ini.

Pelatihan yang rutin, pemantauan, pengawasan selama karantina, dan dipersiapkan untuk lomba dengan pelatihan yang diberikan pelatih lokal dan nasional. “LPTQ Sumbar memberikan apresiasi kepada semua pihak yang berikan dukungan. Targetnya lima besar. Dengan kesungguhan, kesabaran dan ketabahan dapat mengantarkan juara umum. Terimakasih kepada seluruh qori dan qoriah yang memberikan capaian terbaiknya,” pungkasnya.

Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid juga mengapresiasi Provinsi Sumbar yang meraih juara umum pada MTQ Nasional tahun ini. Apresiasi tinggi juga perlu diberikan kepada seluruh dewan juri, panitia, dan terutama para peserta yang telah menyukseskan perlombaan.

Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin pada penutupan MTQ Nasional juga mengucapkan selamat kepada para kafilah Provinsi Sumbar yang berhasil meraih juara umum.(**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional