Menu

Tokoh Adat Cukup Berperan Bantu Pembangunan

  Dibaca : 102 kali
Tokoh Adat Cukup Berperan Bantu Pembangunan
PEMBEKALAN—Sambutan Walikota Pariaman Genius Umar saat pembekalan lembaga adat dalam upaya pelestarian nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau.

PARIAMAN, METRO
Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan tokoh adat, baik ninik mamak, Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) maupun Bundo Kanduang sangat berperan mempercepat pembangunan. “Banyak pembangunan di Pariaman dibantu Ninik Mamak, LKAAM dan Bundo Kanduang,” kata Walikota Pariaman Genius Umar saat Pembekalan Lembaga Adat dalam Rangka Pelestarian Nilai-nilai dan Budaya Minangkabau, Selasa (22/9).

Ia mengatakan, ada pun pembangunan tersebut yaitu Pasar Pariaman, Talao Pauh dan pengembangan waterfront city atau kota tepi air yang dana pembangunannya dari pemerintah pusat. Katanya, pembangunan tersebut dilakukan tanpa ada kendala yang berarti atau tanpa gangguan dari tokoh tertentu yang ingin menghambat pembangunan yang hal tersebut karena Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman mendapatkan dukungan dari tokoh adat setempat. “Ini adalah peran penting dari ninik mamak, LKAAM, Kerapatan Adat Nagari, dan Bundo Kanduang,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya memberikan penghormatan dan penghargaan yang tinggi kepada kepada tokoh adat di daerah itu karena telah membantu pembangunan di Pariaman. Ia meminta peningkatan peran tokoh adat di daerah itu untuk membantu Pemkot Pariaman guna mengoptimalkan pariwisata dan atraksi budaya Tabuik. “Jadi bagaimana atraksi wisata dan budaya di Pariaman dapat mengangkat nama warga Pariaman,” ujarnya.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman Efendi Jamal mengatakan banyak peran dari tokoh adat di daerah itu untuk percepat pembangunan. “LKAAM dan Bundo Kanduang merupakan mitra pemerintah untuk pembangunan daerah,” ujarnya. (z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional