Menu

Toko Pecah Belah di Pasar Raya Terbakar

  Dibaca : 391 kali
Toko Pecah Belah di Pasar Raya Terbakar
TOKO TERBAKAR— Toko pecah belah di kawasan Pasar Raya Padang, Jalan Bandar Olo, Kecamatan Padang Barat mengalami kebakaran dan membuat pedagang panik.

PADANG, METRO
Satu unit Ruko yang menjual bahan pecah belah di kawasan Pasar Raya Padang, tepatnya di Jalan Bandar Olo, Kecamatan Padang Barat mengalami kebakaran, Selasa (14/7). Kebekaran ini juga nyaris melanda toko yang menjual bahan bangunan yang berada di sebelahnya.

Selain menyemprotkan air ke toko pecah belah, beberapa petugas Damkar dibantu dibantu warga bergerak cepat mengeluarkan cat dan tiner yang ada di toko bangunan untuk menghindari kebakaran yang lebih parah. Pedagang yang berada di toko sekitar lokasi kebakaran dibuat panik.

Bahkan, ada beberapa pedagang berusaha mengeluarkan barang dagangannya karena takut api merambat ke bangunan tokonya. Sementara itu, untuk menjinak api, di lokasi terlihat sekitar delapan unit mobil pemadam silih berganti berjibaku memadamkan api yang membakar bagian belakang toko tersebut.

Kebakaran itu membuat masyarakat beramai-ramai berdatangan ke lokasi kejadian untuk menyaksikan kejadian tersebut dan mengabadikan momen tersebut menggunakan smartphone mereka.

Andi salah seorang warga yang menyaksikan kejadian tersebut mengatakan, Ia yang awalnya berada di kawasan GOR H Agus Salim Padang, melihat asap hitam pekat dari arah utara.

“Merasa penasaran Saya bersama teman mencoba menelusuri asal asap hitam tersebut. Ternyata setelah saya sampai di kawasan Pasar Raya ada yang berteriak kebakaran sehingga saya datamg kelokasi,”ujarnya.

Warga lainnya bernama Yadi mengatakan api pertama kali terlihat sekitar pukul 18.15 WIB. “Saat itu api membakar bagian gudang tempat penyimpanan barang-barang pecah belah. Untung damkar cepat datang, kalau tidak mungkin toko disebelahnya yang menjual cat dan tiner ikut terbakar. Tidak masyarakat juga sempat membantu mengeluarkan barang-barang yang di pajang di toko pecah belah dan toko cat, namun sepertinya barang pecah belah yang ada di gudang habis terbakar karena melihat kobaran api yang cukup besar,” ujar Yadi.

Sementara itu Rahmat, pemilik toko pecah belah lain yang berjarak lebih kurang 50 meter dari toko pecah belah yang mengalami kebakaran, mengaku kaget mendengar adanya informasi kebakaran tersebut.

“Sebelum kejadian toko telah tutup, kemudian Saya mendapat telpon ada kebakaran toko pecah belah tidak jauh dari toko Saya, saya langsung menuju kelokasi dan melihat kondisi toko saya yang Alhamdulillah masih baik-baik saja,”ujar Rahmat.

Kepala bidang operasional (Kabid Ops) Damkar Kota Padang, Basril, mengatakan, pihaknya berupaya melakukan pemadaman dengan cepat untuk menghindari api merambat ke toko-toko yang berada di sebelahnya. Apalagi di dalam toko, barang dagangan sangat mudah terbakar.

“Di sebelah toko pecah belah, ada toko bangunan dan api sudah mulai merambat ke situ. Kita berupaya mengeluarkan tiner dan cat yang tentunya jika ikut terbakar akan membuat api semakin membesar dan sulit dijinakkan,” ujar Basril.

Basril menuturkan, pihaknya masih berada di lokasi untuk melakukan penyemprotan secara terus menerus untuk mengantisipasi munculnya api susulan.”Sebelum meninggalkan lokasi, kita harus memastikan api benar-benar sudah padam. Karena kawasan pasar ini sangat padat pertokoan,” pungkasnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional