Menu

Toke Emas Batangan Dirampok di Pariaman

  Dibaca : 740 kali
Toke Emas Batangan Dirampok di Pariaman
Pencuri 2

ilustrasi

PARIAMAN, METRO–Dua perampok bersepeda motor Yamaha RX King beraksi di depan Rumah Makan Pauh Pariaman, Kota Pariaman, Kamis (4/2) pukul 15.00 WIB. Pelaku beraksi nekat dan berani. Mengancungkan senjata api, para pelaku berhasil merampas uang ratusan juta dan perhiasan emas milik toke emas batangan, Usman (65).

Meski berada di bawah ancaman, korban berusaha melawan karena memiliki ilmu bela diri. Namun, usaha warga Nareh Pariaman ini, gagal. Dengan sigap salah satu pelaku mengeluarkan pisau dan menyabet tangan kiri korban.

”Para pelaku berhasil membawa uang tunai Rp125 juta dan perhiasan, emas batangan milik Usman. Kedua pelaku memakai motor dan langsung kabur,” ungkap Marzuki, pemilik Toko Emas Murni Pariaman, yang juga kawan korban kepada POSMETRO, kemarin.

Keterangan korban kepada petugas Polres Pariaman, siang itu setelah menyelesaikan transaksi di bank, ia berniat pulang. Akan tetapi karena hari sudah beranjak sore, korban pun lapar. Usman lalu pergi ke Rumah Makan Pauh.
Belum sempat memasuki rumah makan, tiba-tiba korban didatangi dua pelaku.

Saat itu, pelaku langsung merampas tas korban yang berisi uang dan emas batangan. Pria ini biasanya menjual emas batangan kepada pedagang emas di Kota Pariaman.

Tidak ingin uang dan emas batangan diambil, korban berusaha melawan. Duel sempat terjadi antara korban dan pelaku. Namun, pelaku lebih cerdik. Pisau dikeluarkan dan langsung diarahkan ke tangan korban.

“Sebelumnya, pelaku juga sempat mengeluarkan senjata api. Ia mengacungkan senjata itu ke atas, mungkin untuk menakuti-nakuti saya,” sebut Usman kepada petugas.

Aksi para perampok ini menjadi tontonan warga dan pengunjung serta pegawai rumah makan. Akan tetapi, warga tak bisa berbuat apa-apa. Mereka taku. Pelaku terus mengacungkan senjata api. “Tas saya diambil dan mereka langsung kabur,” sebut Usman.

Sementara keterangan teman korban, Marzuki, pemilik toko emas, aksi perampok di siang bolong sudah memberi pertakut warga Pariaman. Apalagi pelaku beraksi memakai senjata api. “Mereka sangat berani dan menakuti kami dengan senjata api. Untung saja senjata api itu tidak ditembak ke arah korban dan juga warga lain,” ungkap Marzuki, berharap kepolisian bisa menangkap kedua perampok.

Kapolres Pariaman AKBP Rico Junaldi didampingi Kapolsek Kota Pariaman Kompol Masri, mengungkapkan, kedua pelaku masih diburu. Kuat dugaan, pelaku sudah membuntuti korban sejak dari bank. Setelah keluar dari bank, tanpa sepengetahuan korban, kedua pelaku terus mengawasi.

”Ketika sampai di rumah makan, pelaku langsung beraksi. Mereka cukup berani. Kita memerkirakan mereka sudah menghitung waktu yang diperlukan untuk merampas tas berisi uang ratusan juta dan emas batangan,” sebut Kapolres.

Selain memeriksa dan meminta keterangan korban Usman, petugas juga menghimpun kesaksian sejumlah warga yang sempat melihat para pelaku beraksi. Sepeda motor Yamaha RX King tanpa nomor polisi, menurut Kapolres akan dilacak.

”Sesuai keterangan saksi dan korban, kedua pelaku kabur memakai RX King dan menuju arah pusat Kota Pariaman,” pungkas Kapolres. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional