Menu

TMMD ke-109, Kompak bersama TNI, Warga Antusias Buka Jalan Baru

  Dibaca : 187 kali
TMMD ke-109, Kompak bersama TNI, Warga Antusias Buka Jalan Baru
KOMPAK BERSAMA WARGA— Sejumlah warga bersama Satgas TMMD kompak saling membantu saat membuka jalan di Kampung Pancung Taba, Rabu (23/9).

PESSEL, METRO
Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020, tidak hanya dilaksanakan oleh personel Satuan Tugas (Satgas) dari Kodim 0311/Pessel saja. Tetapi bersama warga, personil TNI bahu-membahu dalam menyelesaikan pengerjaan kegiatan pembangunan. Warga bahkan sangat antusias saling membantu. Seperti yang terlihat, Rabu (23/9). Warga bersama Satgas TMMD kompak bekerja membuka jalan di Kampung Pancung Taba. Jalan tersebut nantinya akan menghubungkan ke Kampung Dilan-Kampung Limau Limau, Nagari Pancung Taba dan Nagari Limau Gadang, dan Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pessel.

Masyarakat Pancung Taba tidak tinggal diam, saat melihat anggota Satgas TMMD bekerja. Demi kelancaran kegiatan TMMD, mereka langsung menyempatkan waktu bersama-sama bergabung dengan satgas membantu.

Muklis, seorang warga yang ikut serta di dalam pengerjaan pembukaan jalan menyampaikan, dengan masuknya kegiatan TMMD di nagari tersebut, khususnya di Kampung Pancung Taba, sudah sangat membantu dalam pembangunan jalan desanya. “Maka sudah sepantasnya kami ikut andil membantu demi kelancaran pembangunan jalan kami,” ungkapnya.

Kerjasama yang baik TNI bersama warga, menjadikan pekerjaan tersebut cepat selesai. “Bersama rakyat, TNI Kuat. Itu sudah menjadi semboyan TNI AD. Kebersamaan masyarakat membantu Satgas TMMD, dalam proses pengerjaan pelebaran jalan, sangat diharapkan,” kata Pasiter Kodim 0311/Pessel, Kapten Inf Rudi Saragih.

Pasiter juga menjelaskan, keikutsertaan masyarakat dalam membantu Satgas TMMD ke-109, membuat pekerjaan di lapangan bisa lancar dan tidak ada hambatan.

“Kita berharap kebersamaan dan semangat gotong-royong tetap terjaga dan dipertahankan. Sehingga, pekerjaan ini bisa cepat selesai dengan waktu yang sudah ditentukan dan hasil bisa maksimal,” ungkapnya.

Sebelumnya, TMMD ke-109 dibuka oleh Bupati Pessel Hendrajoni, Selasa (22/9) di Gedung PCC Painan. TMMD tahun ini mengusung tema “TMMD Pengabdian untuk Negeri”. Kepala DPMD Provinsi Sumbar, Syafrizal Ucok mengatakan, DPMD Provinsi Sumbar mendukung penuh, pelaksanaan TMMD ke-109 tahun 2020 Kodim 0311 Pessel, di Nagari Pancung Taba, Kecamatan Bayang Utara.

Pada TMMD kali ini, Syafrizal Ucok mengatakan, DPMD Provinsi Sumbar membantu bedah rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak lima unit, dengan total anggaran Rp75 juta. Selain itu juga ada bantuan bibit pohon sebanyak 500 batang dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumbar.

Kasatgas TMMD ke- 109 tahun 201 juga Dandim 0311 Pessel, Letkol Inf. Gamma Artadila Sakti menyampaikan, tujuan pelaksanaan TMMD ke -109 tahun 2020 ini, membantu Pemkab Pessel melakukan percepatan pembangunan infrastruktur daerah, baik fisik maupun non fisik.

TMMD ke-109 tahun 2020, dimulai Selasa (22/9) hingga 21 Oktober 2020 mendatang. Untuk pembangunan fisik dilakukan pembukaan panjang jalan yang dibuka dari titik 0, Nagari Pancung Taba ke Kampung Dilan, sepanjang 3,7 km. Selain itu pembangunan jalan dari Kampung Dilan ke Limau Gadang, sepanjang 4,2 km.

Kegiatan TMMD tahun ini, juga dilaksanakan bedah RTLH dari Baznas Kabupaten Pessel, sebanyak lima unit dan DPMD Provinsi Sumbar lima unit, serta penanaman bibit pohon sebanyak 500 batang dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumbar.

Untuk kegiatan non fisik, TMMD tahun ini dilaksanakan kegiatan penyuluhan hukum, sosialiasi kamtibmas, dan kegiatan keagamaan lainya. (rio/fan)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional