Menu

TMMD ke-109 di Kabupaten Pessel Wujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat

  Dibaca : 156 kali
TMMD ke-109 di Kabupaten Pessel Wujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat
BANTU—Melihat seorang warga kesulitan saat mengangkat barang, Kamis (24/9), dengan cepat, Serda Nisarwan, Anggota Penrem 032/Wbr yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-109 Kodim 0311/Pessel datang membantu.

PESSEL, METRO
Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 menghadirkan cerita menarik antara TNI dengan warga. Melihat seorang warga kesulitan saat mengangkat barang, Kamis (24/9), dengan cepat, Serda Nisarwan, Anggota Penrem 032/Wbr yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-109 Kodim 0311/Pessel datang membantu.

Serda Nisarwan langsung membantu mengangkat sebuah karung yang berisi kulit manis hasil panen. Karung tersebut langsung dinaikan ke atas motor yang dikemudikan seorang bapak-bapak bernama Ujang, Warga Nagari Pancung Taba, Kecamatan Bayang IV Nagari Bayang Utara.

Serda Nisarwan menyebutkan, selain bertugas dalam meliput kegiatan TMMD ke-109 sebagai tugas pokoknya, sebagai seorang prajurit, sudah tentu dirinya juga terpanggil untuk membantu warga. “Sebagai seorang prajurit, tentu sudah suatu kewajiban saya membantu setiap masyarakat yang membutuhkan bantuan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Serda Nisarwan mengungkapkan, tujuan utama pelaksanaan TMMD ini, bukan hanya saja mengejar sasaran pembangunan fisik yang harus diselesaikan. “Namun kemanunggalan TNI dan rakyat tidak kalah penting nilainya, untuk kita capai dalam program TMMD ini,” tutupnya.

Kemanunggalan tersebut juga terlihat sebelumnya, Rabu (23/9). Warga bersama Satgas TMMD kompak bekerja membuka jalan di Kampung Pancung Taba. Jalan tersebut nantinya menghubungkan ke Kampung Dilan-Kampung Limau Limau, Nagari Pancung Taba dan Nagari Limau Gadang, dan Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Masyarakat Pancung Taba tidak tinggal diam, saat melihat anggota Satgas TMMD bekerja. Demi kelancaran kegiatan TMMD, mereka langsung menyempatkan waktu ber-sama-sama bergabung dengan satgas membantu.

Muklis, seorang warga yang ikut serta di dalam pengerjaan pembukaan jalan menyampaikan, dengan masuknya kegiatan TMMD di nagari tersebut, khususnya di Kampung Pancung Taba, sudah sangat membantu dalam pembangunan jalan desanya.

“Maka sudah sepantasnya kami ikut andil membantu demi kelancaran pembangunan jalan kami,” ungkapnya.

Kerjasama yang baik TNI bersama warga, menjadikan pekerjaan tersebut cepat selesai. “Bersama rakyat, TNI Kuat. Itu sudah menjadi semboyan TNI AD. Kebersamaan masyarakat membantu Satgas TMMD, dalam proses pengerjaan pelebaran jalan, sangat diharapkan,” kata Pasiter Kodim 0311/Pessel, Kapten Inf Rudi Saragih.

Pasiter juga menjelaskan, keikutsertaan masyarakat dalam membantu Satgas TMMD ke-109, membuat pekerjaan di lapangan bisa lancar dan tidak ada hambatan.”Kita berharap kebersamaan dan semangat gotong-royong tetap terjaga dan dipertahankan. Sehingga, pekerjaan ini bisa cepat selesai dengan waktu yang sudah ditentukan dan hasil bisa maksimal,” ungkapnya.

TMMD ke -109 tahun 2020, dimulai Selasa (22/9) hingga 21 Oktober 2020 mendatang. Untuk pembangunan fisik dilakukan pembukaan panjang jalan yang dibuka dari titik 0, Nagari Pancung Taba ke Kampung Dilan, sepanjang 3,7 km. Selain itu pembangunan jalan dari Kampung Dilan ke Limau Gadang, sepanjang 4,2 km.

Kegiatan TMMD tahun ini, juga dilaksanakan bedah RTLH dari Baznas Kabupaten Pessel, sebanyak lima unit dan DPMD Provinsi Sumbar lima unit, serta penanaman bibit pohon sebanyak 500 batang dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumbar. Untuk kegiatan non fisik, TMMD tahun ini dilaksanakan kegiatan penyuluhan hukum, sosialiasi kamtibmas, dan kegiatan keagamaan lainya. (rio/fan)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional