Menu

Tipu Warga Solok, Wakapolda Lampung Gadungan Ditangkap

  Dibaca : 164 kali
Tipu Warga Solok, Wakapolda Lampung Gadungan Ditangkap
POLISI GADUNGAN— Pelaku yang mengaku sebagai Wakapolda Lampung saat diciduk petugas tak bisa mengelak karena barang bukti mengarah padanya.

SOLOK, METRO
Ngaku sebagai Waka Polda Lampung, DH (49) yang tercatat sebagai warga KTK, Kota Solok nekat menipu korban, Iswan dengan modus meloloskan anaknya menjadi polisi. Dari aksi tersebut pelaku meminta imbalan berupa uang senilai seratus juta rupiah.

Kasus dugaan penipuan ini berawal sekitar bulan Mai 2020. Saat itu korban Iswan yang tercatat sebagai warga Lembang Jaya berkenalan dengan seorang laki laki dengan inisial E, rekan pelaku yang masih dalam daftar DPO petugas. Pelaku mengaku kepada korban bahwa dia punya paman yang bertugas di Polda Lampung.

Bahkan pelaku menawarkan dan menjamin melalui pamannya itu bisa meloloskan anak korban untuk menjadi polisi. Untuk mengelabui dan meyakinkan korban, pelaku memberikan nomor kontak pamannya yang tak lain merupakan rekan pelaku sendiri.

Karena percaya, kemudian korban menghubungi tersangka DH yang mengaku sebagai Waka Polda Lampung dan bisa membantu anak korban untuk lulus menjadi anggota polisi. Para pelaku berhasil memperdayai korban sehingga korban percaya terhadap tersangka.

Melihat korbannya terperdaya, kemudian tersangka meminta uang kepada korban sebanyak Rp100 Juta. Agar korban tidak curiga pelaku meminta uang namun bisa dengan cara mencicilnya.

Permintaan pelaku dipenuhi korban hingga korban telah mengirimkan uang dengan total keselurahan sejumlah Rp106.900.000 kepada tersangka melalui rekening Bank Mandiri atas nama RS.

Setelah korban mengirimkan uang tersebut kepada tersangka namun anak pelapor tidak juga lulus tes Polisi. Sehingga pelapor langsung menghubungi tersangka dan menanyakan kenapa anaknya tidak juga lulus.

Namun tersangka tidak bisa dihubungi meski korban menghubunginya berkali-kali. Merasa ditipu, akhirnya korban melaporkan kejadian itu ke petugas mapolsek Kota Solok.

Dari hasil penyelidikan didapat keterangan identitas tersangka dan keberadaannya. Tidak membuang waktu lama petugas berhasil membekuk tersangka di daerah tikalak singkarak.

Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi mengatakan, pelaku masih menjalani pemeriksaan. Sementara petugas masih memburu rekan pelaku. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional