Close

Tips Lampu Motor tidak Menguning

Lampu merupakan sa­lah satu komponen penting pada sepeda motor. Selain dibutuhkan saat berkendara malam hari, lampu motor juga wajib hidup saat siang hari karena aturan lalu lintas.

Lampu utama sepeda motor wajib dinyalakan pada siang hari bertujuan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu karena kegunaan lampu yang selalu hidup saat penggunaan sepeda motor serta seiring usia motor yang terus bertambah, akan ada beberapa komponen yang melemah.

Selain komponen kelistrikan di sepeda motor yang melemah, hal inu juga meyebabkan lampu motor ikut redup sehingga pandangan pengendara sedikit kurang jelas ketika berjalan malam hari. Mika atau kaca lampu juga bisa menguning dan membuat lampu jadi terlihat sayu, tidak terang.

Apalagi, sepeda motor atau kendaraan saat ini beda dengan yang keluaran lama yang mana masih menggunakan material rumah lampu dengan kaca. Sekarang rata-rata lampunya berbahan plastik yang ada usia pakainya dan perlu perawatan khusus.

Untuk mencegah lampu sepeda motor menurun atau bahkan hilang fungsinya, Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Su­matera Selatan & Bengkulu) memberikan tips cara merawat lampu motor, silakan disimak:

 Jangan kemasukan air

Seperti kita ketahui, semua perangkat listrik tidak boleh terkena air. Hal ter­sebut dikarenakan air da­pat menyebabkan terja­dinya korsleting. Begitu pula dengan lampu pada sepeda motor.

Anda harus memastikannya bebas dari air. Ca­ranya dengan rutin me­ngecek kondisi batok penutup lampu sudah terpa­sang dengan baik. Pastikan pula tidak ada celah-celah yang berukuran cukup le­bar di sela-selanya, terutama saat kondisi hujan lakukan pengecekan secara berkala.

Jaga kondisi pelindungnya

Faktor utama dalam merawat lampu motor yai­tu Anda harus merawat bagian pelindungnya sebaik mungkin. Berkendara dengan hati-hati agar terhindar dari kecelakaan yang dapat membuat pelindung lampu atau batok motor rusak.

Memarkirkan motor di tempat teduh merupakan salah satu cara menjaga kondisi batok motor agar tidak cepat menguning dan dapat mengganggu pe­nerangan lampu.

Modifikasi dengan matang

Pecinta motor kerap melakukan modifikasi pa­da motor kesayangan me­reka, termasuk pada bagian lampunya. Dalam mela­kukan modifikasi ini, Anda harus tetap memperhatikan jangan sampai modifikasi yang dilakukan justru mengakibatkan lampu motor Anda mati atau korsleting di bagian kelistrikan motor. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top