Menu

Tinjau TMMD, Wabup Upayakan Jalur Barbasa

  Dibaca : 120 kali
Tinjau TMMD, Wabup Upayakan Jalur Barbasa
TINJAU— Wabup Solsel H Abdul Rahman saat meninjau pengerjaan TMMD. (humas)

Jalur transportasi Trans Barat Batang Sangir (Barbasa), kembali diapungkan oleh Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel) H Abdul Rahman di sela sela peninjauan pelaksanaan Pra Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) 2019 di Jorong Tanjung Durian, Nagari Padang Limau Sundai Kecamatan Sangir Jujuan, Selasa (10/9).

“Jalur yang akan dilalui melalui Trans Barbasa tersebut melintasi daerah-daerah yang berada di seberang Batang Sangir. Jalurnya dimulai dari Jujutan Sangir, Koto Rambah, Buluh Kasok, Padang Gantiang, Padang Limau Sundai, Talantam, dan selanjutnya diharapkan tembus ke Kiliran Jao,”ujar Wabup.

Dijelaskan, Program TMMD yang akan dilaksanakan pada awal Oktober besok, menurutnya menjadi bagian dari Trans Barbasa tersebut yang akan terus diprogram secara berkelanjutan agar daerah “subarang” atau seberang dari Batang Sangir ini dapat menikmati akses jalan yang juga terkoneksi dengan daerah lain.

Wabup mengatakan bahwa Solsel, terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan keterhubungan Solsel dengan daerah-daerah lain. Seperti halnya peningkatan akses jalan ruas Abai – Sungai Dareh, jembatan yang menghubungkan Sungai Kunyit Sangir Balai Janggo dengan Sungai Rumbai Dharmasraya, Peningkatan akses jalan Tandai ke Simpang PB yang nantinya juga terus ke Muaro Bungo, Jambi.

“Membuka koneksi jalan dengan daerah tetangga menjadi sangat penting dalam peningkatan kemajuan sebuah daerah. Tanpa itu sulit bagi kita (Solsel) untuk berkembang,”ungkapnya.

Menurutnya, termasuk pembangunan beberapa jembatan yang di titik-titik Trans Barbara tersebut yang perlu ditingkatkan, yang semuanya bertujuan untuk mendukung akses jalur pemukiman di seberang Batang Sangir

“Tahun ini ada perbaikan Jembatan Sirumbuak di Lubuk Malako senilai Rp 800 juta, kemudian lanjutan jembatan Buluh Kasok Rp 1 Milyar, serta perbaikan jembatan Tanjung Durian Rp 300 Juta. Dan tahun 2020 kita juga akan usulkan untuk pembangunan jembatan permanen di Tanjung Durian,”jelasnya.

Dalam peninjauan Pra TMMD tersebut, Wabup bertemu dengan Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0309 Solok di Solsel, Mayor (Inf) Togar Harahap Perwira Seksi Ter (Pasiter) Kodim 0309 Solok, Kapten (Inf) Suryadi, Danramil Sangir Lettu CBA Heryanta, serta jajaran TNI AD lainnya yang sedang bertugas di lapangan.

Dari informasi di lapangan, pengerjaan pembukaan jalan Tanjung Durian-Talantam sejauh 12 Km lebih tersebut sudah dikerjakan sejauh 4 Km, dan diperkirakan tinggal 8 Km lagi.

“Diharapkan, dengan terbukanya akses jalan ini, akan membuka keterisolasian daerah dan mampu menjadi nadi peningkatan perekonomian masyarakat,”katanya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional