Menu

Tinjau Agro Wisata Boncah Farm, di Nagari Barulak Kabupaten Tanah Datar, Wagub: Peternakan Kambing Etawa Prospeknya Besar

  Dibaca : 104 kali
Tinjau Agro Wisata Boncah Farm, di Nagari Barulak Kabupaten Tanah Datar, Wagub: Peternakan Kambing Etawa Prospeknya Besar
AGRO WISATA BONCAH FARM— Wagub Sumbar, Audy Joinaldy saksikan Agro Wisata Boncah Farm di Nagari Barulak, Kabupaten Tanah Datar, Rabu (4/8).

TANAHDATAR, METRO–Wakil Gubernur Su­ma­tera Barat (Wagub Sum­bar), Audy Joinaldy me­ninjau Agro Wisata Boncah Farm di Nagari Barulak Kabupaten Tanah Datar, Rabu (4/8).

Agro wisata ini fokus pada peternakan kambing etawa. “Peternakan kam­bing memiliki prospek yang besar untuk berkembang. Karena tidak hanya bisa untuk pembibitan atau pe­daging, tetapi juga bisa untuk susu perah dan pu­puk dari kotoran dan u­rine,” kata Audy.

Ia mengatakan usaha peternakan tersebut bisa menjadi inspirasi bagi ma­syarakat lain, yang me­miliki lahan luas dan belum tergarap maksimal.

Pasar untuk ternak kam­bing juga cukup luas baik untuk bibit daging maupun susu. Bahkan, pu­puk dari urine kambing sangat banyak dicari dan harganya lumayan tinggi.

Sementara itu, Pim­pinan PT Boncah Utama, M Djamil Baridjambek me­ngatakan, peternakan yang didirikan sejak 2007 tersebut bergerak dalam produksi dan pengolahan susu kambing etawa. Di mana usahanya melaku­kan kegiatan pembibitan kambing, dan pengolahan kotoran kambing menjadi pupuk organik.

Khusus untuk produksi susu kambing mencapai 8 liter sehari dengan harga rata-rata Rp50 ribu per liter. Susu itu dijual di ant­a­ranya susu kambing etawa murni, susu kambing pa­s­teurisasi, dan susu aneka rasa.

Pemasarannya tidak hanya di daerah Sumatera tetapi sudah merambah ke Pulau Jawa, di antaranya ke Jakarta.

Ikut hadir dalam kun­jungan Wagub Sumbar itu Wakil Bupati Tanah Datar, Wali Nagari Barulak, Ke­pala Dinas Peternakan Sumbar dan Kepala Dinas Peter­nakan Tanah Da­tar. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional