Menu

Tingkatkan Target Restribusi Parkir di Kota Pariaman

  Dibaca : 90 kali
Tingkatkan Target Restribusi Parkir di Kota Pariaman
M Ali Ramdhani

PARIAMAN, METRO–Guna menunjang peningkatan target retribusi tempat wisata dan tempat khusus parkir di Kota Pariaman sebagai sumber pen­dapatan daerah, Pemko Paria­man laksanakan rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan pemu­ngutan retribusi.

Rapat dibuka oleh Wali Kota Pariaman diwakilkan kepada Asisten II Setdako Pariaman, Sumiramis, dengan dinas yang terlibat yakni Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Da­erah (BPKPD), Dinas Perhu­bu­ngan, Dinas Pariwisata dan Kebu­dayaan, Dinas Satpol PP dan Damkar serta perwakilan dari Bank Nagari Cabang Pariaman.

Sumiramis menuturkan rapat koordinasi ini sengaja dilaks­anakan guna mengevaluasi pe­lak­sanaan pemungutan retribusi meliputi tempat wisata dan tem­pat khusus parkir di kawasan destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman.

Sumiramis, dalam evaluasi setelah lima bulan pertama tahun 2021, menilai masih jauhnya target pungutan yang telah dite­tapkan di masa pandemi covid-19 ini.

“Retribusi tempat wisata, capaian target persentase pe­nerimaan di angka 19,61%, dan untuk retribusi tempat khusus parkir di angka 36,84% dengan nilai pendapatan asli daerah mencapai Rp. 580 juta,” ujar Sumiramis.

Hal ini perlu koordinasi lebih, antar OPD yang terlibat langsung dalam pemungutan retribusi ini, dengan bersinergi untuk pening­katan PAD Kota Pariaman.

Menyampaikan pesan Wali­kota Pariaman, Genius Umar, Sumiramis menyampaikan pe­nga­sawan dari OPD terkait pe­nge­lolaan retribusi perlu diting­katkan, serta mengedepankan sikap ramah tamah terhadap pengunjung yang datang dengan tetap memberikan bukti pem­bayaran retribusi berupa karcis dan tiket masuk.

Pemko Pariaman, harapkan seluruh OPD yang terlibat agar lebih menggencarkan  media informasi pemberi tahuan kepada masyarakat  dan melengkapi rambu – rambu petunjuk atau manajemen rekayasa lalu llintas di kawasan wisata pantai gan­doriah.

“Serta seluruh petugas pe­mungut retribusi dikawasan pintu parkir nusantara tetap me­mu­ngut  di pos yang telah disediakan dan menertibkan pedagang yang menggunakan lahan parkir dika­wasan wisata pantai Gandoriah dan Pantai Kata,” tutur Sumiramis mengakhiri.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional