Close

Tingkatkan SDM  dan Kompetensi Guru, SMKN 1 Sutera Gandeng UNP

PESSEL, METRO–Keinginan yang besar dari pihak sekolah SMKN 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dalam mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan kompetensi guru untuk menyikapi kemajuan teknologi terutama mengenai aplikasi mikrokontroller dibuktikannya dengan meng­gandeng Universitas Negeri Padang (UNP) untuk melakukan workshop dan pelatihan.

Workshop dan pelatihan yang diadakan adalah mengenai aplikasi dari mikrokontroller, dimana aplikasi ini merupakan sebuah prosesor yang banyak di­aplikasikan di industri untuk pengontrolan baik pada bidang kelistrikan, monitoring maupun untuk pabrikasi.

”Pada era revolusi industri 4.0 ini mikrokontroller tidak hanya di pakai di industri, namun sudah banyak diterapkan untuk pengontrolan dan pengendalian beban listrik pada rumah tangga maupun home industry,”  kata Ketua Pelaksana Kegiatan Citra Dewi.

Menurut Citra, setiap guru sudah harus mem­perbaharui kemampuan dan keterampilannya serta mampu untuk berfikir kreatif dan memiliki jiwa inovasi yang tinggi, secara tidak langsung akan menular kepada anak didiknya.

Citra Dewi yang juga dosen dari Jurusan Teknik Elektro UNP itu menjelaskan, bahwa pelaksanaan kegiatan telah dilakukan selama tiga hari, yakni 16-19 September 2021 Kegiatan workshop mendapat du­kungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir, buktinya dibuka langaung oleh Kacabdin Wilayah VII Pesisir Selatan, Mahyan, S.Pd., MM.

Mahyan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim pelaksana kegiatan yang telah bersedia membagi ilmunya dengan guru-guru dari SMK N 1 Sutera. Begitu juga dengan Lili Suryati selaku kepala sekolah SMK N 1 Sutera mengatakan kepada guru-gurunya “terimalah ilmu yang diberikan seperti cangkir kosong yang selalu butuh untuk diisi”.

”Apresiasi dan rasa terima kasih yang tinggi kita ucapkan kepada Bapak/Ibu Dosen dari UNP yang telah bersedia untuk berbagi ilmu dengan kami,” ujarnya. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top