Close

Tingkatkan Progul Bajak Gratis, Bupati Tanah Datar Bertemu Wamenaker RI

PLAKT—Bupati Tanahdatar Eka Putra serahkan plakat pada Wamenaker Afriansyah Noor.

TANAHDATAR, METRO–Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus berupaya meningkatkan Program Unggulan (Progul) Bajak Gratis dan berharap segera memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) Alat Mesin Pertanian (Alsintan) sendiri untuk Progul ini.

Untuk merealisasikan keinginan itu, Bupati Eka Putra didampingi Kepala Dinas PMPTSP dan Naker, Kepala Dinas PUPR, Plt. Kepala Dinas Pertanian, Sekretaris Baperlitbang, Kabid Cipta Karya dan pejabat lainnya di lingkungan pemerintah Kabupaten Tanah Datar bertemu Wa­kil Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia (Wamenaker RI) Afriansyah Noor, Senin (19/9/2022) di Jakarta.

“Kita ingin Tanah Datar ke depan memiliki BLK khusus untuk Program Bajak Gratis, sehingga para petugas pelaksana di la­pangan akan memiliki ke­terampilan lebih mapan dan terukur. Karena itulah kita coba ajukan pengusulan BLK Alsintan ini kepada Kemenaker RI,” kata Eka.

Dikatakan Eka lagi, se­kiranya keinginan itu terwujud, itu merupakan sebuah langkah maju untuk Progul Bajak Gratis di Ta­nah Datar.

“Harapan besar ter tumpah kepada Pak Wamenaker untuk merea­li­sasikan keinginan ini. Pro­gul Bajak Gratis perlu disukseskan, karena mampu memberikan dampak nyata kepada petani dalam memangkas biaya produksi,” katanya.

Terakhir, Bupati juga menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas kesediaan Wame­naker RI menerima kunju­ngannya bersama rombongan.

“Alhamdulillah, Wamen­aker pak Afriansyah Noor yang merupakan putra asli Tanah Datar karena ibu beliau berasal dari Pagaruyung berkenan menyambut dan memfasilitasi kunjungan kami, terima kasih, semoga apa yang kami harapkan bisa terwujud,” tukasnya.

Sementara itu Wame­naker Afriansyah Noor mengungkapkan, ia merasa senang dan bangga dikunjungi Bupati bersama rombongan dan akan mendukung pelaksanaan program Bajak Gratis di Tanah Datar.

“Kita mendukung ke­giatan ini, walaupun Tanah Datar sudah punya BLK, namun BLK khusus Bajak Gratis belum ada. Untuk itu akan kita maksimalkan BLK yang sudah ada dengan penambahan kejuruan pa­da BLK Batusangkar, yaitu kejuruan mekanisasi pertanian. Kita juga akan bantu peralatan, instruktur serta bantuan paket-paket lainnya,” sampainya.

Dikatakan Afriansyah lagi, untuk menindaklanjuti keinginan itu, ia bersama tim akan turun ke Tanah Datar untuk melihat kondisi lapangan.

“Insya Allah, dalam waktu dekat kita akan  ke Tanah Datar untuk melihat kondisi nyata di lapangan. Dan dilanjutkan dengan diskusi perihal kemungkinan pelaksanaannya di Tanah Datar,” tukasnya. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top