Menu

Tingkatkan Produktivitas Pertanian di Sijunjung, SDM Penyuluh Dibekali dengan Bimtek

  Dibaca : 118 kali
Tingkatkan Produktivitas Pertanian di Sijunjung, SDM Penyuluh Dibekali dengan Bimtek
BIMTEK—Sebanyak 30 personel penyuluh pertanian di Sijunjung foto bersama saat dibekali Bimtek untuk pengembangan SDM dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

SIJUNJUNG, METRO–Penyuluh pertanian di Sijunjung diberikan Bimtek training of fasilitator (TOF) BPP Kostratani dan kesu­buran lahan. Kegiatan itu dilakukan untuk mening­katkan SDM penyuluh perta­nian dalam meningkatkan produktivitas pertanian me­la­lui bimbingan yang dibe­rikan kepada masyarakat nantinya.

Setidaknya sebanyak 30 orang penyuluh pertanian mengikuti kegiatan tersebut. Bimtek BPP kostratani dan pemupukan berimbang ini difasilitasi oleh Badan Penyu­luhan dan Pengembangan SDM Pertanian melalui program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Pro­jeck (IPDMIP).

Kegiatan itu digelar di BPP Kecamatan Lubuk Ta­rok, selama dua hari, Rabu-Kamis, 23-24 Juni  dibuka Kepala Dinas Pertanian di­wakili Kepala Bidang PSP Arwilson dan dihadiri tim PEPI Kementrian Pertanian Bagus Prasetyo, Konsultan IPDMIP Hardiwilson, Kepala UPTD BPPP Jod Bay, Koor­dinator BPP Lubuk Tarok, B Ramali.

Dalam sambutanya, Ar­wilson menyebutkan Bimtek digelar sebagai pengem­bangan SDM penyuluh per­tanian. “Fasilitator kegiatan adalah penyuluh alumni Trai­ning of Fasilitator (TOF) Kos­tratani yang telah dilatih sebelumnya di Ciawi Bogor. Mereka adalah Doni Liswan, Marlia Sunarya dan Fitria­na,” tutur Arwilson.

Ia berharap peserta un­tuk mengikuti bimtek ini de­ngan serius. “Meski fasili­tator­nya adalah yunior sau­dara, jangan pula dianggap remeh. Peserta harus serius mengikuti bimtek ini, apalagi dalam pratek lapangan nan­ti, peserta akan dipandu langsung,” ingat Arwilson.

Tim Politeknik Enginering Pertanian Indonesia (PEPI) Kementrian Pertanian, Ba­gus Prasetyo mengatakan, kegiatan bimtek ini bagian dari pengembangan SDM pertanian. “SDM adalah fak­tor utama dalam pening­katan produktivitas perta­nian,” kata Bagus.

“Ikuti Bimtek ini dengan bauk. Karena ilmu yang dipe­roleh nantinya akan diba­gikan kepada rekan penyu­luh lainnya dan bermanfaat untuk petani binaan dalam peningkatan produktivitas pertanian di Sijunjung,” ha­rap Bagus.

Selain materi yang di­sam­paikan fasilitator, bim­tek ini juga diisi dengan praktek menguji kesuburan tanah. “Dalam praktek pe­serta juga diajarkan cara pengambilan contoh tanah, cara mengukur kesuburan tanah dengan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) dan Perangkat Uji Pupuk (PUP) yang diberikan BPSDM Per­tanian melalui program IPD­MIP,” tambah Bagus. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional