Close

Tingkatkan Produksi Jagung, Pemkab  Tanahdatar Studi Banding ke Lampung

TUKAR CENDERA MATA—Bupati Tanagdatar Eka Putra dan iBupati Pesawaran H. Dendi Maradhona K, saling bertukar cendera mata.

TANAHDATAR, METRO–Demi untuk meningkatkan produksi jagung, Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama rombongan, Sabtu (16/10) lakukan studi banding ke Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.  Bupati Eka Putra dikesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pesawaran beserta seluruh jajarannya yang telah me­nyempatkan waktu untuk menyambut rombongan.

“Terimakasih kami u­capkan kepada Pak Bupati dengan segenap jajarannya yang sudah menerima kami di sini,” sampai Bupati Eka Putra.

Lebih lanjut disampaikan Eka Putra, kedatangannya bersama rombongan ke Kabupaten Pesawaran ini yang pertama tentu untuk menjalin hubungan si­laturahmi, selanjutnya ingin mempelajari bagaimana caranya meningkatkan hasil produksi jagung.

Sementara Bupati Pesawaran H. Dendi Maradhona K, saat menyambut kedatangan rombongan secara garis besar juga memperkenalkan Kabupa­ten Pesawaran kepada kepada seluruh rombo­ngan.

H.Dendi menerangkan, Kabupaten Pesawaran me­rupakan Kabupaten yang berada diposisi 3 besar sebagai kabupaten peng­hasil jagung di Provinsi Lampung. Dengan total produksi pada tahun 2020 yang lalu 183.156,4 ton. Dari hasil produksi tersebut, kabupaten Pesawaran memiliki surplus jagung sebanyak 100.000 ton.

“Saat ini yang menjadi kendala bagi kami, disini belum ada pabrik yang besar untuk mengelola hasil panen kami. Namun de­mikian ada beberapa perusahaan besar yang siap menampung hasil produksi jagung kami, diantara­nya ada PT. Charoen Pokphand Jaya, PT. Central Avian Pertiwi Farm PS 3 Lampung dan beberapa lainnya,” ujar H. Dendi.

H. Dendi juga sampaikan kabupaten Pesawaran juga memiliki strategi khu­sus untuk meningkatkan hasil produksi jagungnya, seperti penggunaan bibit unggul, penggunaan tek­nologi, Ketersediaan pasokan air, menjamin ketersediaan pupuk, pengendalian OPT dan peningkatan kemampuan petani. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top