Close

Tingkatkan Produksi Energi Bersih, PLN Kembangkan EBT Melalui PLTMh Batanghari

penambahan pembangkit— PLN UIW Sumbar terus upayakan penambahan pembangkit-pembangkit berbahan dasar Energi Baru Terbarukan (EBT).

Jakarta,METRO–Sebagai bentuk dukungan terhadap penggunaan energi bersih atau energi ramah lingkungan, PLN UIW Sumbar terus upayakan penambahan pembangkit-pembangkit berbahan dasar Energi Baru Terbarukan (EBT).

Pembangkit EBT yang ada di Sumbar diantaranya meliputi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP), Pem­bangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG), dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMh).

Disampaikan Toni Wahyu Wibowo, General Manager PLN UIW Sumbar, masyarakat Sumbar dipasok lebih dari 60% sumber energi bersih atau EBT.

Terbaru, PLN UIW Sumbar kembali akan melaku­kan pembangunan PLTMh di daerah Dharmasraya, tepatnya di Sungai Batanghari. PT Brantas Total Energi sebagai pelaksana pembangunan PLTMH Batanghari dinyatakan telah penuhi prasyarat dengan PLN dan dapat memulai konstruksi pembangunan pembangkit sejak 10 Juni 2022.

Diinformasikan Toni Wahyu Wibowo, General Manager PLN UIW Sumbar, PT Brantas Total Energi merupakan perusahaan yang lolos lelang dari beberapa perusahaan yang mengajukan diri sebagai pelaksana proyek PLTMh Batanghari.

‘’PT Brantas masuk Daftar Penyelenggara Terpatu (DPT) PT PLN (Persero) sejak tahun lalu. Pada 11 Juni 2021 PT Brantas lakukan penandatangan perjanjian dengan PLN. Akhirnya setelah 1 tahun lamanya, tepatnya pada 10 Juni 2022 lalu, PT ini telah lengkapi prasyarat untuk dapat memulai konstruksi,’’ terang­nya.

Kesepakatan terpenuhinya prasyarat tersebut dinyatakan dengan Penandatangan Sertifikat Tanggal Pembiayaan, antara PT Brantas Total Energi dengan PLN UIW Sumbar, pada Jumat (15/07) bertempat di Ballroom Cempaka 1-2 Hotel Santika Slipi Jakarta. Hadir mewakili PT Brantas Total Energi, Direktur Utama Syaiful Arif dan Toni Wahyu Wibowo sebagai per­wakilan PT PLN (Persero).

Hadir pula dalam Penandatangan Sertifikat Tanggal Pembiayaan ini Direktur Keuangan, SDM, dan Manajemen Risiko PT Brantas Tumpang Muhammad,  Manager Keuangan PT Brantas Total Energi Fajareza, dan beberapa jajaran manajemen PT Brantas Total Energi lainnya.

Herry Martinus, Kadis ESDM Sumbar menyam­paikan, Sumbar memiliki peluang besar untuk keman­dirian energi karena ketersediaan energi listrik daerah yang cukup besar. ‘’Saya sangat mengapresiasi kerja cepat PLN untuk merealisasikan PLTMh Batanghari ini. Sumbar memang sangat kaya dengan sumber EBT, bahkan diclaim sebagai lumbung energi hijau,’’ sebutnya.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top