Close

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Zul Elfian Sebut  Kewirausahaan masih jadi Primadona

FOTO BERSAMA—Wali Kota Solok, Zul Elfian foto bersama dengan peserta bimtek usai buka kegiatan.

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok, Zul Elfian mengatakan, sampai saat ini kewirausahaan masih menjadi primadona bagi pemerintah Kota Solok untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemerintah sangat menyadari tidak akan mampu sendiri untuk mengatasi masalah kesempatan kerja atau ketenagakerjaan yang setiap tahun jumlahnya selalu bertambah.

Hal ini diungkapkan Zul Elfian saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke­wirausahaan pemula. Menurutnya, jika tidak dicarikan solusinya maka akan terjadi peningkatan angka pengangguran.

Kondisi ini lanjutnya tentunya sangat disayangkan sekali karena setiap orang memiliki potensi, kecerdasan, dan pro­duktivitas dengan passion yang tinggi.

“Oleh karena itu pemerintah Kota Solok melalui Dinas PKUKM menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis kewirausahaan pemula guna mencegah terjadinya pengangguran dan persoalan ekonomi lainnya di tengah-tengah ma­syarakat,” sebutnya.

Saat ini, jelasnya pemerintah sangat gencar mempromosikan kewirausahaan, bukan tanpa alasan tetapi karena bidang ini dapat menciptakan atau membuka lapangan kerja bagi dirinya sendiri maupun masyarakat. Juga dalam upaya memanfaatkan atau mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya ekonomi yang tersedia.

Motivasi berwirausaha sangat dibutuhkan karena tanpa adanya motivasi maka akan sulit untuk melahirkan wirausahawan yang tangguh, kuat dan pantang menyerah.

Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan untuk menanggulangi pengangguran adalah melalui pelatihan kewirausahaan. Karena itulah, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Tujuannya dalam rangka untuk lebih memaksimalkan berkembangnya kewirausahaan masyarakat di daerah kita ini.

Masalah pengangguran adalah masalah semua pihaj dan menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. Dari sisi tanggung jawab pemerintah, telah banyak upaya yang telah dilakukan, salah satunya adalah dengan memberikan bimbingan teknis ini.

Pemerintah daerah tentunya juga akan selalu berupaya agar dapat lebih banyak lagi menganggarkan dana APBD untuk peningkatan kewirausahaan masyarakat di Kota Solok, sehingga kewirausahaan di daerah ini dapat terus berkem­bang.

“Mari terus kita galakkan semangat kewirausahaan da­lam kehidupan masyarakat, sehingga tingkat pengangguran dan kemiskinan akan terus semakin berkurang,” harapnya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top