Menu

Tingkatkan Pengawasan Pilkada Serentak, Bawaslu Gandeng Wartawan dan Mahasiswa

  Dibaca : 70 kali
Tingkatkan Pengawasan Pilkada Serentak, Bawaslu Gandeng Wartawan dan Mahasiswa
SAMBUTAN— Ketua Bawaslu Pasbar, Emra Patria saat memberikan sambutan pada acara, kemarin.

PASBAR,METRO
Untuk meningkatkan pengawasan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), mengajak kerja sama pengawasan Pemilu partisipatif bersama insan Pers dan Mahasiswa se-Kabupaten Pasbar, Hotel Guchi Simpang Empat, pada Rabu (14/10).

Ketua Bawaslu Pasbar, Emra Patria dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa, kegiatan ini sudah merupakan agenda wajib sesuai dengan tupoksi Bawaslu itu sendiri. Kemudian dikarenakan minimnya keanggotaan fungsi pengawasan Pemilu, maka diharapkan output dari kegiatan ini nantinya bisa menjalin sinergitas antara peran Mahasiswa dan insan Pers dalam pelaksanaan Pilkada mendatang.” kata Embra.

Dikatakan Embra, sedianya kegiatan ini , dilaksanakan jauh hari sebelumnya, namun situasi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pasbar, maka kegiatan ini barulah bisa dilaksanakan, semoga hendaknya nantinya kegiatan ini dapat memberi pengawasan terhadap Pemilu Partisipatif Masyarakat Pasbar,” Ujar Emra Patria.

Lebih Lanjut Emra mengatakan, terkait pengawasan Pemilu ini mengusung Motto “Cegah, Awasi, Tindak (CAT), harapanya mitra Bawaslu nantinya menjadi perpanjangan Mata dan Telinga Bawaslu di sekitar masyarakat.

Sejauh ini menurutnya pihaknya sudah melakukan pengawasan terhadap jalanya tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak, meliputi pengawasan penatapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), atas pencermatan data-data pemilih.

“Pengawasan lain seperti kampanye calon kepala daerah baik calon Bupati maupun Gubernur untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Menjalin kerjasama dengan Kampus Yaptip dalam hal pengawasan pemilu partisipatif. Dan juga Sekolah Kader Pengawasan Pemilu Partisipatif (SKPPP).” Lanjut Emra

Emra juga mengatakan bahwa sudah dilakukan Sosialisasi dengan pasangan calon (Paslon) kandidat Bupati dan Wakil membuat Fakta Integritas terkait pelaksanaan Pemilu ‘Badunsanak’ sesuai dengan aturan yang berlaku. “Saya berharap, kita semua bisa menjadi relawan nantinya, tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku” tutupnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut hadir beberapa perwakilan mahasiswa dari beberapa kampus, juga beberapa perwakilan Awak Media dari berbagai organisasi wartawan.

Kemudian jajaran staff dan pengurus Bawaslu Pasbar. Hal itu dilakukan pembatasan peserta yang hanya berjumlah maksimal 50 orang, sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid -19 yang berlaku.(end)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional