Menu

Tingkatkan Penanganan Covid-19, Wali Kota Paya­kum­buh Optimalkan Fungsi Seluruh Stakeholder

  Dibaca : 494 kali
Tingkatkan Penanganan Covid-19, Wali Kota Paya­kum­buh Optimalkan Fungsi Seluruh Stakeholder
Wali Kota H Riza Falepi didampingi Kadiskes dr.Bakhrizal memantau penerapan prokes dilapangan

PERANG me­lawan penye­ba­ran Covid-19 te­rus digencarkan Pemko Paya­kum­buh. Upaya-upaya strategis dilakukan Wali Ko­ta Riza Falepi dan jajaran demi melindungi ma­syarakatnya dari penyebaran virus Corona. Berda­sar­­kan per­ge­ra­kan data kasus yang terjadi di Payakumbuh saat ini mulai perlahan melandai, Wali Kota Riza Falepi terus memaksi­malkan fungsi seluruh stakeholder, termasuk mendapat­kan dukungan dari forum ko­mu­nikasi pimpinan daerah (For­kopimda).

Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Payakumbuh yang terdiri Satpol PP, TNI, Polri, Kejaksaan dan instansi lainnya aktif turun ke lapangan untuk melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat un­tuk terus menerapkan proto­kol kesehatan (Prokes). Tak bosan-bosannya petugas m­e­ra­zia lokasi-lokasi usaha untuk mengecek sarana dan pra­sarana prokesnya dan memak­simalkan kontrol aktivitas kera­maian. Melalui media pun dilakukan upaya himbauan kepada masyarakat.

“Kita juga memaksimalkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro, sesuai instruksi menteri dalam negeri. Pada dasarnya, penanganan Covid-19 harus dari yang zona terkecil dari RT/RW hingga cakupan luas, keter­libatan camat, Puskesmas, lurah, hingga jajaran ke bawah sangat penting,” kata Wali Kota Riza Falepi kepada media.

Sementara itu, dari grafik pelaksanaan vaksinasi saat ini mulai meningkat sejak dilaksa­nakan pada 3 bulan lalu. Ma­syarakat mulai patuh, taat dan disiplin dengan anjuran peme­rintah. Semangat juang dari Puskesmas bersama camat dan lurah mengajak dan me­ngedukasi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sangat diapresiasi Riza Falepi.

“Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh diharapkan terlaksana secara merata kepada masyarakat kami, apalagi lansia yang ren­tan bisa meninggal ka­rena terpapar Covid-19,” harap Riza.

Riza juga me­nyampaikan apa­bila grafik vak­sinasi dan tracing kasus terus naik, Pemko Pa­yakumbuh op­ti­mis menar­get­kan ke zona hijau dalam waktu dekat.

“Payakumbuh pernah bera­da di zona oranye dengan nilai terendah se-Sumatera Barat pasca lebaran karena naiknya angka kematian akibat Covid-19 dan penambahan kasus positif. Namun dengan pe­nanganan yang baik de­ngan semua pihak, pada update minggu kemarin, nilainya sudah naik cukup tinggi, 2,21. De­ngan begitu kita optimis bisa mengejar target untuk men­capai zona kuning bahkan zona hijau dalam waktu dekat,” kata Riza didampingi Kadis Ke­se­hatan dr Bakhrizal.

Riza menginstruksikan agar camat dan lurah aktif mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi di kantor-kantor pe­me­rintahan bersama petugas dari Puskesmas. “Kita ingin sinergi dan kerjasama yang baik terus dilakukan di keca­matan dan di kelurahan lain, bagaimana mendorong ma­sya­rakat untuk bisa ikut vak­sinasi. Sehingga banyak jiwa yang dapat kita sela­mat­kan. Untuk mencapai zona hijau dibutuhkan kese­riusan dan ke­mauan kita bersama, salah satunya dalam menyukseskan program vaksinasi ini dan kami mengimbau masyarakat ja­ngan gampang terprovokasi serta percaya akan berita hoax yang beredar terkait vaksin ini,” kata Riza.

Sementara, Kadinkes Kota Payakumbuh dr Bakhrizal opti­mis dengan kemajuan penaga­nan Covid-19 di Payakumbuh. Di mana saat ini didapatkan kasus yang tidak banyak atau mulai melandai, dan tracing yang cukup baik dilakukan.  “Alhamdulillah tracing kita berja­lan bagus, angka kasus positif Covid-19 sudah di bawah 50 dan angka kesembuhan tinggi. Bah­kan, tambahan positif dalam 1 hari hanya dibawah 10 orang,” kata Bakhrizal,  Jumat (4/6).

Diterangkan Kadis yang akrab disapa Dokter Bek itu, bila digabung data yang sem­buh dan yang positif Covid-19 hingga hari ini Kota Paya­kum­buh bisa mencapai zona kuning secepatnya, apalagi tidak ada angka kematian yang mem­buat poin turun. “Kami tak bosan-bosannya menghimbau warga dengan menganjurkan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan 5M de­ngan selalu memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” ujar Bakhrizal.

Bakhrizal menyampaikan, masyarakat juga sudah banyak yang datang ke lokasi-lokasi vaksinasi sehingga saat ini sudah lebih dari 10 ribu vaksin yang tersalurkan. “Bila vaksi­nasi berjalan merata dan lancar serta protokol kesehatan selalu diterapkan di Payakumbuh, bukan tidak mungkin kita bisa ke zona hijau jelang Agustus 2021,” kata Bakhrizal. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional