Close

Tingkatkan Pelayanan Publik, Sekda Kota Pariaman Lakukan Sidak MPP

PIMPIN SIDAK—Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, Yota Balad, pimpin sidak di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Pariaman.

PARIAMAN, METRO–Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman, Yota Balad, keitika inspeksi men­dadak (sidak) di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Pariaman. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pa­riaman, Yota Balad, di­dam­pingi Assiten II, Elfis Candra melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Pariaman.

Kedatangan Sekda bersama Asisten II ini, untuk mengetahui detail pelayanan yang ada di MPP Kota Pariaman, serta melihat kesiapan personil dan apa saja kendala yang ditemukan di lapangan dan apa yang perlu ditingkatkan, yang intinya, adalah untuk meningkatkan pelayanan di pusat pelayanan ini.

Dalam kesempatan ter­sebut, Yota Balad berpe­san kepada seluruh petugas pelayanan agar senantiasa bekerja dengan performa yang baik, dan mem­berikan pelayanan terbaik, untuk membuat warga terlayani dengan baik.

“Warga yang datang dan mengurus perizinan, semuanya pasti ingin diprioritaskan, karena itu, berikan pelayanan prima dan layani dengan maksimal. Kita harus terus berupaya meningkatkan pelayanan yang sudah terintegrasi ini, sehingga MPP ini benar-benar berfungsi sebagai­ma­na mestinya,” ujarnya.

MPP Kota Pariaman telah beroperasi sejak Tahun 2020 lalu. MPP ini akan memberikan akses kemu­dahan perizinan bagi ma­syarakat Kota Pariaman, dimana MPP menggabungkan berbagai macam pela­yanan untuk masyarakat secara terintegrasi satu pintu.

“Di MPP kita mengedepankan sistem pelayanan terpadu sebagai upaya pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pe­laya­nan publik yang cepat, murah, mudah, terjangkau, aman, nyaman dan terintegrasi dalam satu atap,” ungkapnya.

Yota Balad juga menegaskan bahwa kehadiran MPP sebagai simbol pemerintah yang hadir secara cepat untuk membantu pelayanan masyarakat dengan mengedepankan transformasi teknologi di­gital, khususnya dalam proses perizinan dan non perizinan.

“Tujuan dibentuknya MPP ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pe­ngurusan adminitrasi publik, sehingga tercipta pela­yanan publik yang prima sesuai dengan amanat undang undang 25 tahun 2009 tentang pelayan publik,”  ujarnya.

“Saat ini Pemerintah Kota Pariaman sedang me­lakukan banyak terobosan untuk mempermudah ma­sya­rakat dalam melakukan pengurusan apapun, salah satunya dengan adanya MPP ini, sehingga masya­rakat lebih nyaman dalam pengurusan perizinan dan pemerintahan, dan juga sebagai kesiapan kita untuk menerima kunjungan KemenPAN RB dalam rangka penilaian MPP di Kota Pa­ria­man pada akhir September 2021 mendatang, dimana untuk Sumbar, hanya MPP Kota Pariaman dan MPP Bukittinggi, yang akan dikunjungi KemenPAN RB,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP & Naker) Kota Pariaman, Noviardi menjelaskan bahwa saat ini pihaknya menerima dan mem­berikan pelayanan untuk 129 jenis perizinan, dan 13 loket yang diisi oleh berbagai instansi.

“Dari 129 jenis perizinan tersebut yang paling sering diurus oleh masya­rakat adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB), pe­ngurusan baru atau perpanjangan Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SI­UP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK), Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU), pembayaran pajak di Samsat, Bank Nagari, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan dan peri­zinan lainnya, dan setiap hari, kita mengeluarkan 10-30 perizinan bagi masya­rakat,” terangnya.

“Kita akan terus berbenah, memperbaiki kualitas layanan prima yang ada di MPP Kota Pariaman ini. Kami juga akan terus melakukan perbaikan di sektor layanan perizinan, serta meningkatkan SDM layanan front office agar lebih maksimal lagi, se­hingga masyarakat yang mengurus perizinan akan terlayani dengan baik,” ucapnya mengakhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top