Menu

Tingkatkan Pelayanan Nagari Go Digital

  Dibaca : 269 kali
Tingkatkan Pelayanan Nagari Go Digital
KOORDINASI—Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman Muhamamd Fadhlyl saat koordinasi dengan pihak kecamatan.

PDGPARIAMAN, METRO
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman Muhamamd Fadhly; kemarin, melakukan koordinasi dengan Sekretaris Kecamatan V Koto Kampung Dalam untuk peningkatan kualitas pelayanan Nagari Go Digital.

“Kita dinas selalu melakukan koordinasi dengan kecamatan dan nagari dalam pelaksanaan program nagari go digital seluruh Kabupaten Padangpariaman,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padangpariaman Muhammad Fadhly, kemarin.

Katanya, sekarang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padangpariaman sedang gencar-gencarnya mensukseskan program Nagari Go-Digital, kareana itulah perlu dilakukan peninajauan ke lapangan sambil melihat dari dekat pelaksanaannya.

Dikatakan, Nagari go digital ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukannya tanpa harus datang ke kantor pelayanan, sehingga dapat diurus dari mana saja dan kapan saja, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, dengan berbekalkan smartphone / perangkat komputer dan internet.

Lebih jauh dikatakan,  program Nagari Go-Digital ini sendiri merupakan penjabaran dari amanat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Surat Edaran Dirjendukcapil Kemendagri No. 470/15526/DUKCAPIL tentang Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan, tertanggal 31 Agustus 2018 dan Surat Edaran Dirjendukcapil No. 470/18754/DUKCAPIL tentang Pemanfaatan Data Kependudukan, tertanggal 10 Oktober 2018.

Untuk mensukseskan program Nagari Go-Digital ini Dukcapil Padangpariaman telah memfasilitasi sebanyak 103 nagari di Kabupaten Padangpariaman, dengan mengenalkan dan melatih entitas pemerintah nagari terkait penggunaan Aplikasi Dukcapil Ceria Digital dan siPakem (Sistem Pencatatan Pelaporan Kelahiran dan Kematian), pembekalan ini dilaksanakan selama 7 hari, sejak 4 Oktober 2019 hingga 14 Oktober 2019.

“Dengan penerapan program Nagari Go-Digital di Kabupaten Padangpariaman, akan terjadi revolusi pelayanan kependudukan yang memudahkan masyarakat di Era Millenial ini. Pengurusan dokumen kependudukan dipermudah dengan tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, koordinasi dan kolaborasi diperluas, sehingga penerbitan dokumen kependudukan dapat lebih terorganisir dan tepat waktu,” tandasnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional