Menu

Tingkatkan PAD Kota Solok, Sumber Pendapatan Baru harus Dioptimalkan

  Dibaca : 302 kali
Tingkatkan PAD Kota Solok, Sumber Pendapatan Baru harus Dioptimalkan
VIDCON— Wali Kota Solok, Zul Elfian ketika melakukan video conference di ruang monitor Balaikota Solok. eriviko/posmetro

SOLOK, METRO
Wali Kota Solok, Zul Elfian mengatakan, tuntutan peningkatan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) semakin besar kepada OPD di lingkungan Pemko Solok semakin tinggi. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya kewenangan pemerintah pusat yang dilimpahkan kepada daerah.

Selain itu terang Zul Elfian, kebutuhan akan anggaran juga semakin meningkat, pascabanyak anggaran daerah dialihkan kepada penanganan virus corona (Covid-19). Sehingga mencari potensi PAD untuk digali menjadi sebuah tuntutan ke depan.

Menurutnya, dana perimbangan yang merupakan dana transfer keuangan pusat kepada daerah pada akhir-akhir ini sudah semakin dinamis. Hal ini dapat dirasakan dari pelaksanaan anggaran yang harus dilakukan pengurangan dan penyisihan serta penangguhan dalam pelaksanaannya.

“Akibatnya, daerah harus lebih kreatif dalam meningkatkan PAD agar dapat meningkatkan akuntabilitas dan keleluasaan dalam pembelanjaan APBD. Dengan demikian program dan kegiatan bisa dilakukan secara maksimal,” tukasnya.

Zul Elfian mengungkapkan, peningkatan penerimaan PAD menjadi fokus Pemko Solok tahun 2020. Sumber-sumber PAD baru harus dioptimalkan untuk memperkuat APBD Kota Solok ke depannya.

“Tidak dapat dipungkiri, sejauh ini ketergantungan daerah terhadap dana dari pusat dan dana dari provinsi sangatlah besar. PAD Kota Solok hanya menyumbang sebesar 7,5 persen dari total APBD,” tandasnya.

Zul Elfian menjelaskan, dari tahun ke tahun target PAD, khususnya dari sektor Pajak Daerah selalu naik. Sedangkan untuk optimalisasi penerimaan dari ekstensifikasi pajak sangat terbatas, sehingga perlu mengoptimalkan penerimaan dari intensifikasi pajak

“Sumber-sumber penerimaan daerah yang potensial harus digali dan dikembangkan secara maksimal. Namun perlu dicatat harus tetap dalam koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku,” sebut Zul Elfian. Kondisi ini kata Zul Elfian, merupakan tantangan berat bagi Kota Solok. Sehingga ke depan perlu inovasi dan terobosan nyata dalam meningkatkan PAD Kota Solok. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional