Close

Tingkatkan PAD di Padangpariaman, OPD harus Bisa Merealisasikan

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungannya agar terus mengebut realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

PADANGPARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungannya agar terus mengebut realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Saya meminta OPD lakukan kajian rasionalisasi target PAD tersebut,” kata Suhatri Bur, kemarin.

 Katanya, dalam rangka mempercepat realisasi anggaran dan penguatan realisasi Pendapatan Asli Daerah, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman tahun 2021, laksanakan rapat monitoring dan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan pada masing-masing perangkat daerah.

Katanya, untuk tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman memiliki target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak Rp 177 miliar atau harus lebih dari Rp  120 miliar, hal ini dikarenakan pada tahun 2020 sudah mencapai posisi Rp 120 miliar.

“Dalam penetapan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus dikaji kembali bagaimana realisasi maksimal yang bisa diraih pada tahun ini, melihat realisasi pada tahun 2020 itu sudah mencapai 120 miliar, diharapkan untuk tahun ini lebih dari itu,” ujar Bupati

Lebih lanjut Suhatri Bur menyampaikan bahwa realisasi fisik dan anggaran sebenarnya dalam pengerjaan fisik yang dilakukan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan anggaran pelaksa­naannya harus sinkron, karena dari hal tersebut dapat dilihat bagaimana progres pekerjaan yang sudah dilaksanakan apa sudah sesuai dengan apa yang direncanakan dan ditargetkan.

“Realisasi fisik dan anggaran dalam pelak­sanaannya harus sinkron, karena dari hal tersebut dapat dilihat bagaimana kesesuaian antara progres pekerjaan yang direncanakan dan yang telah ditar­getkan,” ujarnya.

Bupati berpesan untuk tahun 2022 dalam penyu­sunan target PAD diharapkan sudah berdasarkan kajian dari seluruh pihak dan tenaga ahli yang memadai, sehingga target tersebut menjadi realistis dan bisa terwujud.

Senada dengan Bupati, Wakil Bupati Padang­pariaman,  Rahmang menyebutkan target serapan anggaran pemerintah Kabupaten Padangpariamana tahun 2021 ini diharapkan naik 3% dari tahun sebelumnya menjadi 96% dimana tahun 2020 hanya pada posisi 93%.

“Pendapatan asli daerah dari retribusi dan pajak daerah untuk dikebut, dan berikan penghargaan kepada ASN/Tenaga Kontrak yang berada baris terdepan dalam memungut PAD untuk Kabupaten Padangpariaman berikan senyuman walaupun tidak dalam bentuk angka-angka,” ujar Rahmang

Wakil Bupati tidak lupa berpesan kepada seluruh OPD diLingkungan Pemerintah kabupaten Padang­pariaman untuk memperhatikan kualitas pekerjaan sehingga bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Disiplin dalam bekerja, tingkatkan kualitas pekerjaan sehingga Pemerintah Daerah bisa mening­katkan pelayanan kita kepada masyarakat,” ujarnya

Wabup menyampaikan dalam rangka me­nyong­song Pemilihan Wali Nagari serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2021 diharapkan kepada ASN/Non ASN untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, jangan memberikan info yang tidak jelas karena hal itu akan merusak pelaksanaan PILWANA serentak didaerah.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top