Close

Tingkatkan Mutu SDM, Perbaiki Kualitas Pendidikan dan Sarana di kota Pariaman

FOTO BERSAMA— Wako Genius Umar dan Wawako Mardison Mahyuddin bersama generasi masa depan daerahnya.

Pasangan Wali kota Pariaman H Genius Umar bersama Wakilnya, Mardison Mahuddin komitmen dalam meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) dengan memperbaiki kualitas pen­di­dikan dan memperbaiki sa­rana dan prasarana se­kolah serta menjadikan Ko­ta Pariaman sebagai kota tujuan pendidikan di Pro­vinsi Su­matera Barat. “Alhamdulilah, kita hingga kini telah berusaha untuk mengwujudkan hal tersebut,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar dan Kepala Bi­dang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kota Pariaman, Yurnal, kemarin.

Lebih jauh disampaikan Kabid Dikdas Disdikpora Kota Pariaman, Yurnal me­nyampaikan bahwa pa­da prinsipnya pendidikan di Nu­rul Ilmi Bilingual In­tegra­ted Islamic School (NIBIIS)­ sudah sejalan de­ngan amanat pa­sal 2 UU No­mor 20 tahun 2003.

“UU tersebut tentang sistem pendidikan nasional. Dalam pasal 2 dinyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional itu adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Sementara UU nomor 20 tahun 2003, tujuan pendidikan nasional itu adalah mengembangkan potensi peserta didik men­jadi manusia yang be­riman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, cer­das, mandiri dan bertang­gung jawab,” ucapnya.

Yurnal juga menutukan bahwa Pemko Pariaman mengapresiasi dan mendukung semua per­kem­bangan yang dilakukan sekolah-sekolah berbasis agama seperti NIBIIS.

“Sekarang ini, seko­lah-sekolah dengan pendi­dikan berbasis agamalah yang diminati oleh orang tua. Pemko Pariaman men­do­rong semua ini, dan berharap NIBIIS men­­jadi pelo­por di Kota Pa­ria­man untuk sekolah yang menjadi tujuan dari orang tua di Pro­vinsi Sumbar untuk me­nye­­ko­lahkan anak­nya di Kota Pariaman,” ujarnya.

“Meskipun belum ada orang tua diluar Kota Pariaman menyekolahkan anaknya di Kota Pariaman, tetapi mereka sudah ada yang melakukan studi banding dan belajar bagaimana Pemko Pariaman meningkatkan pendidikan,” ungkapnya.

Yunal juga menjelaskan bahwa saat ini Pemko Pariaman, gencar-gencarnya melaksanakan pro­gram strategis dibi­dang pendidikan diantara­nya Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja). Program ini ditujukan ke­pada warga miskin yang tidak bisa menyekolahkan anaknya ketingkat perguruan tinggi. Dan ini, dibayar serta dibiayai gratis oleh Pemko Pariaman.

“Pemko Pariaman juga telah bekerjasama dengan Tel-U, salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang bisa menampung anak Kota Pariaman kuliah disana. Bagi war­ga miskin akan dibiayai gra­tis oleh Pemko Pariaman sedangkan untuk warga yang mampu diberikan fa­silitas dan intervensi untuk masuk ke Tel-U. Ini adalah cara bagaimana anak-anak Ko­ta Pariaman bisa ma­suk pada perguruan tinggi favorit dan perguruan tinggi yang bisa cepat men­dapat­kan pekerjaan agar bisa membantu eko­no­­mi ke­luarga­nya,” terangnya.

Selain itu adalagi program Pemko Pariaman dibidang pendidikan yaitu Bantuan Keuangan Khu­sus (BKK) untuk SMA dan SMK. Pemko Pariaman memberikan BKK kepada pro­vinsi Sumbar untuk di­berikan kepada SMA dan SMK yang ada di Kota Pariaman, Sehingga siswa SMA dan SMK sekolah di Kota Pariaman gratis. Progra, lainya yaitu Kartu Pariaman Pintar (KPP)­ yaitu kartu yang dibayar­kan kepada peserta didik dari keluarga miskin yang ti­dak mendapatkan bantuan da­ri Kartu Indonesia Pin­tar (KIP).­ ­“Berbagai upa­ya dilakukan Pem­ko Pariaman untuk me­­ning­kat­kan SDM dibi­dang pen­di­dikan karena Pemko Pa­ria­man sangat serius da­lam mengelola pendidikan,” ujarnya. Yurnal juga menambahkan untuk itu, kami memotivasi dan men­dorong NI­BIIS untuk men­jadi sekolah pe­lo­por bagi orang tua di Po­vinsi Sumbar menye­ko­lahkan anak­nya di Kota Pa­riaman. “Kami mengucapkan terimakasih kepada NIBIIS telah membumikan Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an merupakan pe­tun­­juk­ bagi kita dan mu­dah-mudahan kita semua dapat mengamalkan dengan ha­ti di kehidupan sehari-hari,” tandasnya me­ng­akhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top