Close

Tingkatkan Layanan Masyarakat, One For Eleven Dukcapil Gandeng Kemenag Kota Solok

RESMIKAN— Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra memberikan kata sambutan saat peresmian Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Solok.

SOLOK, METRO–Pemerintah Kota (Pemko) Solok terus berupaya pe­ning­katan pelayanan kepada ma­syarakat. Layanan Terintegrasi One For Eleven yang diselenggaarakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Solok bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solok, salah satunya.

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra mengatakan ini merupakan satu la­yanan menghasilkan 11 dokumen. Dokumen tersebut terdiri dari 5 dokumen dari KUA setempat berupa 2 buku nikah, 2 sertifikat screening/konse­ling, dan satu kartu nikah.  Sementara 6 dokumen dari Dukcapil berupa 3 kartu keluarga, 2 KTP dan satu sertifikat la­yanan terintegrasi.

Dan dengan menempati kantor baru lanjutnya Disdukcapil layanan ini semakin maksimal. “ Walau bukan ba­ngunan baru, namun setidak­nya kita sudah berada di ling­kungan dan suasana baru yang diharapkan dapat menambah semangat dalam me­laksanakan tugas” ungkap Ramadhani.

Ramadhani juga menyebutkan bahwa sengaja me­nempatkan Dinas Kependu­dukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke pusat kota, tepatnya di Eks Gedung DPRD Kota Solok guna mendekatkan layanan kepada masyakarat.

Gedung yang sebelumnya dimanfaatkan oleh Klinik Tumbuh Kembang Anak Puskesmas Tanah Garam yang telah pindah operasional ke Gedung Rumah Sakit Umum Daerah Kota Solok di Banda Panduang. “Kami sangat berterimakasih sekaligus sangat mengapresiasi atas inovasi baru “One For Eleven” ini. Kami merasa bersyukur dengan adanya kerja­sama antara Disdukcapil de­ngan Kementerian Agama Kota Solok,” tanbah Ramadhani.

Dan diyakini kerjasama ini akan memberikan manfaat dan dapat memberikan solusi atas sebagian permasalahan kependudukan. Wawako juga menyampaikan terimakasih kepada Kepala Kementrian Agama Kota Solok beserta jajarannya atas kerjasama ini. One For Eleven menjadi awal dari suksesnya usaha bersama untuk selalu meningkatkan pelayanan publik yang membahagiakan bagi masyarakat.

 Kepala Disdukcapil Ratna Wati, juga menjelaskan bahwa ini wujud keseriusan Pemko solok yang bertekad untuk selalu meningkatkan pelayanan masyarakat.

”Tujuan dari inovasi “One For Eleven” ini agar masya­rakat yang melangsungkan pernikahannya pada hari itu, bisa langsung mendapatkan 11 dokumen tersebut tanpa harus repot-repot ke Disdukcapil berkat kerjasama yang baik an­tara operator Dukcapil dan KUA” ucap Ratna. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top