Close

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Gubernur Sumbar Dukung Assesment  Sekolah

RAPAT KOORDINASI— Gubernur Sumbar Mahyeldi saat membuka Rakor Kerja LPMP Sumatera Barat (Rakor ANBK), Kamis (23/9) malam. 

THAMRIN, METRO–Gubernur Sumbar Mahyeldi mendukung penuh rencana dilaksanakannya assessment atau pendam­pingan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebu­dayaan untuk sekolah-sekolah di daerah guna peeningkatkan kualitas.

“Ini adalah langkah yang tepat untuk menge­tahui keunggulan dan kele­mahan dari sekolah se­hingga bisa diupayakan pe­ningkatan kualitas se­hing­ga kapasitas dari lulu­san­nya juga semakin baik,” katanya saat membuka Rakor Program Kerja LPMP Sumatera Barat (Rakor ANBK) di Hotel Grand Zuri Padang, Kamis (23/9) ma­lam.

Ia menyebut dengan mengetahui kelemahan, akan bisa dicarikan lang­kah dan solusi sebagai da­sar kebijakan untuk mem­per­baiki kualitas pendi­dikan di sekolah.

Selain itu assesment itu juga diharapkan bisa men­jadi sarana untuk menda­patkan informasi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait asesment yang berbasis komputer.

Kemudian kegiatan ini juga mendorong terlaksa­na­nya koordinasi yang le­bih erat antara provinsi dan kabupaten kota ten­tang penataan persiapan pelaksanaan asesment na­sio­nal.

Mahyeldi mengatakan pendidikan adalah sebuah sistem berkelanjutan yang tidak boleh terputus. Maka kata kuncinya ada­lah koor­dinasi. “Kita di Su­matera Barat berharap koordinasi antara provinsi dan kabu­paten/kota bisa terjalin sehingga bisa dila­kukan pemetaan potensi anak untuk diarahkan pa­da ju­rusan yang sesuai di SMA/SMK,” katanya.

Ia menilai siswa yang sekolah pada jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatnya atau talentanya akan bisa mendapatkan prestasi lebih baik ketim­bang memilih jurusan ka­rena faktor lain seperti mi­salnya keinginan orang tua.

Hal itu harus dilakukan jika ingin mendapatkan generasi muda yang ber­kua­litas untuk men­dukung visi Indonesia Emas pada 2045.

Hadir pada Rakor ter­­­se­but Kadis Pen­di­di­kan Sum­bar, Adib Al­fikri, Ke­pala LPMP Sumbar, Sofian As­mirza, Kepala BP Paud dan Dikmas Sum­­bar Wis­ma Endri­mon, Kanwil Ke­me­nag Sumbar, Kepala Di­nas Pendidikan se Sum­bar,  Kepala Cabang Di­nas Pen­didikan se-Sum­bar dan para penanggung ja­wab ANBK Dinas Pen­di­dikan se-Sumbar. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top