Menu

Tingkatkan Ketahanan, Antisipasi Narkoba Masuk Kampung

  Dibaca : 55 kali
Tingkatkan Ketahanan, Antisipasi Narkoba Masuk Kampung
USAI VAKSINASI—Warga Perumahan Gading Permai 3, Lubukbuaya bersama Ketua RW XI Bripka Hendri Syarif foto bersama usai divaksinasi.

PADANG NETRO–Usai melakukan vaksi­nasi massal yang digelar di lapangan Imam Bonjol Pa­dang kemarin, Ketua RW XI Brikpa Hendri Syarif, anggota Pelopor A Brimob Polda Sumbar membuat gebrakan lagi dengan mem­buat kampung tangguh anti narkoba. Seperti yang di­ketahui bahwa hampir 80 persen narkotika masuk dari luar Indonesia, melalui pelabuhan kecil dan per­batasan.

Peredaran ini akan men­carui mangsa dari kalangan usia produktif, teruatama kalangan generasi muda. Untuk itu, Ketua RW XI Bripka Hendri Syarif yang merupakan anggota Pe­lopor A Brimob Polda Sum­bar bersama tokoh masya­rakat dan warga dalam waktu dekat ini akan mem­buat kampung tangguh anti narkoba untuk mem­ben­tengi diri dengan mening­katakan ketahanan, khu­sus­nya ketahanan dalam keluarga sendiri.

“Sehingga bagaimana kita bisa meningkatkan ketahanan terhadap nar­koba masuk ke daerah. Kaitannya dengan desa, kampung atau kelurahan, karena desa atau kampung  itu ada di seluruh Indonesia, sampai pesisir ada desa.  Kita berharap pera­nan kepala desa atau ke­luarahan, peranan tiga pilar, Babinsa, Bhabinkamtib­mas kita optimalkan,” ujar Hendri Syafrif, kepada POS­METRO usai vaksinasi massal di Imam Bonjol Padang kemarin.

Dikatakan, peredaran gelap narkoba tidak hanya menyasar kepada orang dewasa, melainkan anak-anak. Selain itu, kesen­jangan pertumbuhan eko­nomi juga berbahaya se­bab dapat menjadi pintu masuk peredaran narkoba.

“Ekonomi menggeliat, ekonomi membaik, ini juga berbahaya. Ada kesen­jangan (dengan desa lain) membuat masuknya nar­koba. Narkoba memang menghasilkan ekonomi yang sangat tinggi, ini yang harus kita antisipasi. Mo­dus operandi terus ber­kem­bang, narkoba menya­sar ekonominya yang baik, daerah-daerah yang subur menjadi target,” ungkap­nya.

Dikatakan anggota Pelopor A Brimob Polda Sumbar ini, bahwa pencanangan Kampung Tangguh Anti Narkoba ini merupakan bentuk konkrit oleh Polri dalam membe­rantas narkoba yang kian menjadi momok di seluruh lapisan masyarakat. Ting­kat penyalahgunaan nar­koba juga semakin meng­khawatirkan.

”Ini sangat memba­hayakan, Tidak bisa peme­rintah saja yang bertindak, namun dibutuhkan siner­gitas seluruh elemen. Kampung Anti Narkoba ini jadi lang­kah kita bersama untuk memerangi narkoba,” seb­jut Hendri Syarif.

Lurah Lubukbuaya Riri Chandra mengaku akan mendukung langkah Ketua RW XI untuk membangun kampung tangguh anti nar­koba itu. Pada prinsipnya saya mednukung penuh langkah Ketua RW XI itu. Sudah banyak gebrakan yang dibuat oleh anggota Pelopr A Brimod Polda Sum­bar itu. Membawa warga­nya untuk mengikuti vaksi­nasi massal yang diadakan oleh Polresta Padang (Pol­da Sumbar). “Saya mendu­kung lamgah langkah dan program kedepannya,” sebut Riri Chandra. (ped)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional