Menu

Tingkatkan Kesiapsiagaan, BPBD Gelar Simulasi Gempa

  Dibaca : 395 kali
Tingkatkan Kesiapsiagaan, BPBD Gelar Simulasi Gempa
SIMULASI—BPBD Pasaman bersama PLN ULP Lubuksikaping saat menggelar simulasi penanggulangan bencana gempa bumi.

PASAMAN, METRO
Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman bersama PLN ULP Lubuksikaping, menggelar simulasi penanggulangan bencana gempa bumi dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana, Rabu (10/2).

Kepala BPBD Kabupaten Pasaman, Ricky Riswandi mengatakan, simulasi gempa bumi yang dilaksanakan oleh PT PLN ULP Lubuksikaping bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Pasaman telah terlaksana dan berjalan lancar.

“Alhamdulillah, kegiatan simulasi gempa bumi tadi berjalan lancar. Acara dilaksanakan dalam rangka upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana,” katanya.

Lewat simulasi penanganan bencana gempa bumi ini, ia berharap institusi PLN setempat memiliki bekal untuk menghadapi bencana gempa bumi dan segala kemungkinan yang terjadi terkait keselamatan jiwa.

“Gempa bumi salah satu bencana alam yang sulit diprediksi. Dengan simulasi ini kita semakin siap dan tanggap menghadapi bencana,” jelas Ricky.

Ia mengatakan Pasaman merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana di Sumatera Barat, terutama banjir dan longsor. Kabupaten ini juga rawan terhadap gempa bumi karena dilintasi oleh patahan semangko segmen Sumpur.

“Secara umum wilayah Pasaman termasuk sebagai daerah rawan bencana. Baik gempa bumi, apalagi bencana banjir, longsor, angin kencang dan pohon tumbang,” katanya.

Dikatakan, segmen sumpur ini memiliki panjang sekitar 36 kilometer lebih. Segmen ini membentang disepanjang aliran sungai Batang Sumpur, mulai dari Lubuksikaping hingga Rao. (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional