Close

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Petani di Tanah Datar

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, dari 10 program unggulan pemerintah Kabupaten Tanah Datar 4 diantaranya adalah dibidang pertanian yaitu program bajak gratis, asuransi ternak sapi/kerbau, asuransi padi dan juga meningkatkan kuota pupuk bersubsidi.

TANAHDATAR, METRO–Meningkatkan kesejah­teraan masyarakat petani, dari 10 program unggulan pemerintah Kabupaten Tanah Datar 4 diantaranya adalah dibidang pertanian yaitu program bajak gra­tis, asuransi ternak sapi/kerbau, asuransi padi dan juga meningkatkan kuota pupuk bersubsidi.  “Kita harapkan dengan adanya program ini masyarakat petani kita harus bersyukur karena cost operasional sekarang akan jauh lebih rendah. Ini juga jawaban atas laporan masyarakat saat kami men­calonkan diri sebagai pasangan Bupati dan Wa­kil Bupati bersama pak Richi Aprian,” terang Bupati Eka Putra, Jumat (15/7) saat pemasangan Ear­tag secara simbolis untuk program unggulan asuransi ternak sapi/kerbau di Jo­rong Lingkuang Kawek Nagari Tanjung Barulak kecamatan Tanjung E­mas.

Mudah-mudahan de­ngan adanya program asu­ransi ternak ini ujar Bupati Eka Putra, bisa membantu masyarakat, sehingga ma­syarakat peternak nyaman.  “Kita tidak menginginkan ada musibah se­hingga masyarakat me­ngalami kerugian, jadi de­ngan adanya asuransi ini kalau terjadi sesuatu de­ngan sapi/kerbau seperti hilang atau mati akan diganti. Satu ekor akan diganti dengan satu ekor,” jelas Eka Putra.

Bupati juga katakan, saat ini selain asuransi ternak juga ada asuransi padi. “Caranya saat mulai membajak sawah petani sudah harus mendaftarkan untuk diasuransikan. Perlu dike­tahui bersama untuk asu­ransi baik ternak maupun padi petani tidak dikenakan biaya premi, semuanya gratis karena polisnya su­dah disubsidi oleh pemda bekerjasama dengan pemerintah pusat,” terang Eka Putra.

Dijelaskan Eka Putra, khusus asuransi padi pada tahun 2022 ini targetnya seluas 2000 hektare dan maksimal satu orang boleh mengajukan asuransi maksimal 2 hektare.  “Mudah-mudahan dengan adanya program ini bisa dinikmati oleh masyarakat petani kita, mulai dari program bajak gratis, asuransi ternak, dan juga asuransi padi. Sehingga petani kita akan lebih sejahtera, untuk itu mohon dukungan kepada seluruh masyarakat. Silahkan program yang sudah diluncurkan oleh pemda Tanah Datar ini dimanfaatkan,” ujar Bupati.

 Sementara Plt. Kadis Pertanian Sri Mulyani me­nyampaikan untuk program asuransi ternak sapi/kerbau (AUTS) pada tahun 2022 ini pemda Tanah Datar menargetkan seba­­nyak 2000 ekor. Dan untuk mencapai target tersebut beberapa langkah sudah dilaksanakan, diantaranya melakukan sosialisasi dan turun langsung ke lapa­ngan.  “Target kami pada akhir bulan juli ini program asuransi ternak sebanyak 2000 ekor dan asuransi padi seluas 2000 hektare pada akhir bulan Juli bisa tercapai. Kami mengha­rapkan tidak sampai pada bulan Agustus baru selesai,” kata Sri Mulyani. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top