Close

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Bantuan Listrik Gratis

Penyalaan listrik gratis untuk masyarakat prasejahtera di Nagari Sungai Aur, Pasaman Barat. Sabtu (06/11).

PASBAR, METRO— Rangkaian peringatan Hari Listrik Nasional ke-76 masih belum berakhir. Se­telah menggelar berbagai kegiatan menarik, PLN pun kini kembali berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat me­lalui bantuan listrik gratis bagi keluarga pra sejahtera tersebar di seluruh Indonesia. Bantuan ini merupakan bagian dari gelaran PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2021 yang hadir beberapa waktu lalu. Acara penyalaan listrik gratis untuk masyarakat prasejahtera di Sumbar berlangsung pada Sabtu (06/11) di Nagari Sungai Aur, Pasaman Barat. 

Hadir dalam acara ter­sebut staf ahli Bupati Pasaman Barat Adrianto, PLT Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasaman Barat Hermanto, Camat dan Wali Nagari Sungai Aur, Danramil, Kapolsek, dan perwakilan penerima manfaat. Dari PLN sendiri turut hadir Senior Manager Ke­uangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Sumbar Cipto Adi Sumartono, Senior Manager Perencanaan PLN UIW Sumbar Dicky Hiwardi, Manager UP3 Bukittinggi Syaiful Azhari Siregar, Manager Komunikasi dan TJSL Yeni Rafii, Ma­nager ULP Simpang Empat Dito Nusa Putra.

Senior Manager Ke­uangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Sumbar Cipto Adi Sumartono da­lam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan luar biasa dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, khusus­nya Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, yang telah bersinergi mendistribusikan salah satu program bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingku­ngan (TJSL Program Listrik Gratis, kepada masyarakat de­ngan tepat sesuai de­ngan panduan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TN­P2K).

 “Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya seluruh pihak terkait dalam me­nyukseskan program ini. Saya mewakili PLN Sumbar mengajak semua pihak untuk turut serta berperan aktif dalam usaha menghadirkan kemerdekaan menikmati energi listrik untuk seluruh masyarakat sean­tero Nusantara. Mari kita bersama mengambil peran dalam mewujudkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat,”ungkapnya

 Melalui Program TJSL Listrik Gratis di Sumbar PLN menyumbangkan da­na sebesar Rp2.896.281.­000,- untuk melistriki 3.854 kepala keluarga pada empat Kabupaten tersebar di Sumatera Barat. Sebanyak 93% kepala keluarga, atau total 3.243 kepala keluarga berlokasi di Pasaman Ba­rat. Sementara 307 lainnya berada di Kabupaten A­gam, diikuti ratusan kepala keluarga di Kabupaten Sijunjung. Listrik Gratis ini diperuntukkan untuk Biaya Penyambungan (BP) Pa­sang Baru, token perdana gratis serta instalasi dan SLO gratis.

 Ia juga menyampaikan bahwa ini merupakan Program Listrik Gratis kedua dari PLN Unit Induk Wi­layah Sumatera Barat di Tahun 2021, setelah sebe­lumnya pada Agustus 2021, PLN menyalurkan listrik gratis untuk 176 kepala keluarga di beberapa daerah tersebar di Kepulauan Men­tawai. 176 kepala Keluarga ini berasal dari lima desa Kecamatan Siberut Selatan, yaitu; Desa Mai­leppet, Desa Muntei, Desa Muara Siberut, Desa Madobag, dan Desa Simalegi dengan total bantuan sebesar Rp225.000.000 (Dua Ratus Dua Puluh Lima Juta Rupiah).

General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo pada kesempatan yang berbeda menyampaikan bahwa program mulia ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional yang pada tahun ini mengusung tema Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku.

“PLN melibatkan seluruh masyarakat melalui program PLN Mobile cha­rity run and ride untuk berkontribusi dalam kegiatan sosial, dengan hitungan kilometer yang telah ditempuh oleh para pelari dan pesepeda yang konversikan dalam bentuk rupiah dan digunakan untuk membiayai penyambu­ng­an listrik masyarakat ku­rang mampu. Semoga bermanfaat dan mampu meng­gerakkan perekonomian masyarakat,” papar­nya

Staf Ahli Bupati Pasaman Barat, Adrianto memberikan apresiasi kepada PLN yang terus berupaya mengambil bagian melalui program-program bantuan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masya­rakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN yang sudah membantu kami Pemerintah Daerah dalam meringankan beban masyarakat yang membutuhkan bantuan. Ini sangat berarti bagi masyarakat yang hidup dalam garis kemiskinan. Semoga ke­pedulian PLN terus berlanjut di masa d­e­pan,”u­jar­nya.

Pada kesempatan ini juga hadir PLT Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pa­saman Barat, Hermanto, yang turut mengambil bagian dalam simbolisasi pe­nyalaan bantuan penyambungan listrik gra­­tis.

Sardani, salah seorang penerima bantuan di Sungai Aur bantuan mengu­ng­kapkan rasa terima kasihnya atas bantuan sambu­ngan baru listrik bagi warga desanya.

“Terima kasih untuk PLN atas penyalaan listriknya. Bantuan ini sangat berarti dan bermanfaat bagi kami penerima bantuan. Persoalan sosial disini sangat kompleks, kemiskinan dan ketiadaan listrik sangat melemahkan kami. Namun sekarang kami dapat menjalankan kegiatan ekonomi dengan baik, ini sangat berarti bagi kami”, jelasnya

Kesuksesan acara ini merupakan wujud sinergi seluruh pihak terkait untuk melistriki masyarakat Sum­bar. PLN berharap H­LN dapat menjadi momentum untuk saling membantu, khususnya dalam memberikan sambungan listrik baru.

Kebahagiaan terlihat jelas dari raut wajah warga Sungai Aur. Melalui bantuan yang sudah diberikan oleh PLN, mereka kini dapat beraktivitas dengan nyaman serta dapat me­ngembangkan aktivitas ekonomi dengan hadirnya listrik.(ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top