Menu

Tingkatkan Kapasitas Wartawan, Humas Adakan Pelatihan Jurnalistik 

  Dibaca : 107 kali
Tingkatkan Kapasitas Wartawan, Humas Adakan Pelatihan Jurnalistik 
PELATIHAN JURNALISTRIK— Kabag Humas dan Protokol Pemkab Solsel Firdaus Firman bersama salah seorang narasumber, Erison J Kambari saat kegiatan pelatihan jurnalistik bagi wartawan di Hotel Kharisma Bukittinggi.

SOLSEL, METRO
Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) memberikan pelatihan jurnalistik bagi wartawan yang bertugas di daerah tersebut. Pelatihan selama dua hari ini digelar di Hotel Kharisma Bukiktinggi, Senin (14/12) hingga Rabu (16/12).

“Pelatihan yang diadakan ini, untuk lebih meningkatkan kapasitas dan insting seorang wartawan, serta memberikan atau untuk mengingatkan kembali membuat pemberitaan yang lebih mumpuni,” ujar Kabag Humas dan Protokol, Firdaus Firman, saat pembukaan pelatihan.

Firdaus Firman menjelaskan, pelatihan ini diberikan kepada semua insan pers yang bertugas didaerah itu, yaitu untuk wartawan media cetak, online dan elektronik. Dengan mendatangkan tiga narasumber yaitu redaktur tagar.id Rifa Yanas, Komisioner Komisi Informasi Sumbar Bidang Kelembagaan, Tanti Endang Lestari dan Fotografer Erison J Kambari.

“Humas dan Protokol Solsel selalu komit untuk meningkatkan kapasitas wartawan daerah, dimana setiap tahunnya dalam menyonsong kemajuan Informasi tentang jurnalistik, selalu memberikan pelatihan,” ungkap Firdaus Firman.

Bahkan, dikatakan Firdaus Firman , sejak menjabat sebagai Kabag Humas dan Protokol sejak tahun 2017 hingga sekarang, pihaknya memberikan pelatihan kepada pewarta Solsel secara berkelanjutan.

“Untuk peningkatan kapasitas kemampuan ilmu jurnalistik bagi pewarta Solsel, kami memberikan pelatihan dan studi pers baik dalam daerah maupun ke luar daerah,” katanya.

Firdaus Firman menuturkan, pihaknya juga terus berusaha tertib administrasi dengan kewajiban persyaratan kontrak media yang berlangganan dengan Pemkab Solsel, salah satunya wajib terverifikasi Dewan Pers. Hal ini dalam menghindari permasalahan administrasi kontrak dengan media, dan media yang berlangganan harus jelas dan punya register di Dewan Pers.

“Kalau tidak terverifikasi dewan pers, kita tidak melakukan kerjasama dalam bentuk penyajian informasi kegiatan Pemkab setiap tahunnya,” katanya.

Lulusan Strata 2 Universitas Indonesia ini menyebutkan, di era keterbukaan informasi. tugas jurnalistik cukuplah berat. Uuntuk itu perlu adanya pewarta yang profesional, berwawasan dan beretika.

Karena itu, Humas dan Protokol Solsel terus memberikan ruang dan tempat dalam mengasah kemampuan pewarta baik media cetak, elektronik dan online, untuk terus menggali wawasan yang luas setiap saat demi peningkatan kapasitas pewarta yang handal dan berkopeten dalam ilmu jurnalistik.

“Setiap tahun pewarta Solsel, kita ajak safari jurnalistik demi mempererat silaturahmi. Sekaligus untuk peningkatan wawasan dan kemampuan diri agar tidak tertinggal dengan kemajuan informasi, sehingga perlu bertukar pengalaman dengan pewarta daerah lain,” sebutnya.

Salah seorang peserta pelatihan, Afrizal Amir menyebut, dengan adanya pelatihan yang diberikan oleh Humas dan Protokol setiap tahunnya, itu mengasah kemampuan dirinya sebagai jurnalis.

Menurutnya, banyak ilmu yang didapat dari kegiatan ini, karena pelatihan diberikan setiap tahunnya berbagai perkembangan teknologi dan informasi tentang jurnalistik kami dapat.

“Banyak manfaat yang kami dapat dari pelatihan dan studi pers yang diselenggarakan oleh Bagian Humas dan Protokol Solsel. Kami berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut,” pungkasnya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional