Menu

Tingkatkan Hasil Tani dengan Manfaatkan Lahan Pertanian

  Dibaca : 413 kali
Tingkatkan Hasil Tani dengan Manfaatkan Lahan Pertanian
PANEN—Wali Kota Pariaman H Genius Umar berbaur dengan petani saat ikut panen jagung baru-baru ini.

Wali Kota Pariaman Genius Umar menyatakan lahan pertanian dalam Kota Pariaman sangat luas, karena itulah semua masyarakat dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk meningkatkan hasil pertanian dan ekonomi masyarakat sejahtera.

Semua itu disampaikan Wali Kota Pariaman Genius Umar, setelah melakukan panen perdana di lahan pertanian jagung, yang merupakan demplot Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DPPP) Kota Pariaman yang berlokasi di Kecamatan Pariaman Selatan.

Jagung yang dipanen tersebut berjumlah sekitar lima ton jagung, di lahan jagung yang mempunyai luas sekitar dua hektare.

Panen jagung tersebut membuat Walikota Pariaman Genius Umar merasa bangga sekali dengan apa yang telah dilakukan oleh Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, untuk menjaga ketahanan pangan apalagi di masa pandemi covid-19.

Untuk itu, Genius Umar menghimbau kepada seluruh masyarakat kota pariaman, agar bisa memanfaatkan setiap lahan kosong yang ada, untuk ditanami dengan berbagai macam tanaman sesuai dengan kearifan lokal yang ada di daerah masing-masing.

“Jangan biarkan lahan kosong disekitar lingkungan kita terlantar begitu saja, padahal lahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk ditanami dengan berbagai jenis tanaman pangan seperti tanaman padi, singkong, dan jagung, sehingga bisa menambah peningkatan ekonomi keluarga, sekaligus bisa menjaga ketahanan pangan dimasa pandemi ini,” ujar Wako Pariaman.

Genius Umar juga meminta kepada masyarakat, jangan hanya lahan kosong disekitar lingkungan kita saja yang dimanfaatkan untuk pertanian dan perikanan, tapi hal tersebut bisa dilakukan mulai dari bagian yang terkecil yaitu dilakukan dari masing-masing rumah tangga, dengan memanfaatkan lahan halaman rumah yang bisa ditanami atau dengan menggunakan pot dan polybag bagi masyarakat yang mempunyai lahan sempit di pekarangan rumahnya.

“Dengan begini kita dapat mewujudkan kemandirian pangan, dan kebutuhan pangan akan tercukupi tanpa harus membeli dari luar, dan juga salah satu solusi agar masyarakat lebih produktif lagi kedepannya, serta mampu menyikapi kondisi saat ini,” tandasnya mengakhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional