Menu

Tingkatkan Etos Kerja, Belasan Pejabat dan Staf Dimutasi

  Dibaca : 377 kali
Tingkatkan Etos Kerja, Belasan Pejabat dan Staf Dimutasi
PELANTIKAN— Direktur PDAM Solsel melantik pejabat dan staf, terlihat Sekretaris Daerah Kabupaten Solsel H Yulian Efi menyaksikan penanda tanganan SK Pelantikan. (IST)

SOLSEL, METRO – Untuk meningkatkan etos kerja dalam upaya peningkatan pencapaian target pendapatan, sebelas orang pejabat struktural dan staf di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Saribu Sungai Kabupaten Solok Selatan (Solsel) dirotasi dan dimutasi di Wisma Zaitun, Rabu (13/11). Direktur PDAM Tirta Saribu Dungai, Ridwan, melakukan perombakan pada sebagian besar jabatan yang ada diperusahaan tersebut. Perombakan tersebut diakuinya sebagai percepatan peningkatan efektifitas dan efisiensi kerja perusahaan. Terdapat 11 jabatan dan 58 non jabatan dilantik.

“Keuangan perusahaan saat ini sudah semakin membaik, terbukti untuk pertama kalinya perusahaan mampu membukukan pendapatan hingga Rp 400juta/bulan,” ujar Ridwan.

Dijelaskan, pihaknya ingin agar momemtum positif ini mampu dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan terus membenahi pelayanan dan infrastruktur perusahaan.

Ia mengakui, masih banyak masyarakat yang belum membayar tagihan PDAM. Namum ia optimis akan semakin membaik dengan semakin baiknya pelayanan yang diberikan perusahaan.

“Saat ini baru 65 persen pelanggan yang menunaikan kewajibannya, masih ada 35 persen lagi yang belum,” ungkap Ridwan.

Dia berharap, pejabat maupun staf yang telah dilantik mampu untuk meningkatkan etos kerja karena semua aktifitas outputnya berdampak pada penghasilan dan jalannya perusahaan. “Bidang teknis dan keuangan, adalah kunci keberhasilan dalam perusahaan. Sementara, terkait pelayanan adalah suatu gambaran sebuah perusahaan,” kata Ridwan.

Kemudian, hendaknya yang menjadi pertimbangan bagi seluruh karyawan PDAM untuk menyesuaikan hak dan kewajiban dalam perusahaan.

“Pelantikan ini bukan kegiatan seremonial belaka. Namun, ada output perubahan signifikan yang diinginkan. Bisa saja, pejabat sekarang hanya untuk tiga bulan karena tidak memiliki etos kerja yang baik. Tapi, sebaliknya bisa juga bertahan karena prestasi. Kinerja masing-masing bakal dievaluasi,” sebut Ridwan.

Bupati Solsel yang diwakili Sekretaris Daerah, H Yulian Efi mengapresiasi capaian perusahaan yang telah diraih dan perubahan yang dilakukan untuk ke arah yang sangat baik. “Kami menyarankan agar PDAM mulai menjajaki pelayanan berbasis online, sehingga masyarakat mudah untuk membayar dan mengakses PDAM,” kata Yulian.

Bupati menginginkan agar pelayanan PDAM semakin meningkat dan diiringi oleh meningkatnya pendapatan perusahaan. Kalau tahun ini bisa mencapai Rp 400 juta, diharapkan PDAM mampu membukukan hingga Rp 1 miliar. “Kami mengucapkan selamat kepada pejabat baru dan memberikan apreseasi kepada pejabat lama, yang telah mengabdikan dirinya,” ujar Yulian.

Sekdakab memberikan masukan terhadap direksi dan jajaran PDAM untuk bisa mengemban dan mempertanggungjawabkan amanah yang telah dipercayakan. “Apresiasi untuk pejabat lama dan untuk pejabat baru supaya bisa meningkatkan kinerja, pasalnya, air menyangkut kebutuhan masyarakat banyak. Dalam suatu perusahaan yang menyangkut masyarakat banyak, ada suatu resiko bekerja selama 24 jam, apalagi terkait pelayanan,” jelas Yulian.

Dikatakan, sewaktu-waktu bisa saja saat di waktu istirahat malam, tiba-tiba pasokan terkendala akibat pengaruh cuaca ataupun bencana. Kejadian semacam ini harus menjadi perhatian karena menyangkut masyarakat banyak.

Dia menyebutkan, ada peningkatan dan pembenahan sumber daya manusia serta adanya regulasi yang tegas untuk kemajuan PDAM Tirta Saribu Sungai Solsel kedepannya.

“Jangan begitu saja puas dengan kinerja yang dicapai hingga hari ini, karyawan harus berkomitmen supaya perusahaan maju, hal ini akan membawa dampak pada perusahaan dan karyawan sendiri,” kata Yulian.

Pelantikan pejabat dan staf di PDAM Tirta Saribu Sungai ini dihadiri Camat Sungai Pagu Rolly Almart, Kabag Ekbang dan undangan lainnya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional