Menu

Tingkatkan Daya Beli Masyarakat, Dispan Provinsi Sumatera Barat Gelar Pasar Murah Bahan Pangan

  Dibaca : 112 kali
Tingkatkan Daya Beli Masyarakat, Dispan Provinsi Sumatera Barat Gelar Pasar Murah Bahan Pangan
PASAR MURAH—Dinas Pangan Provinsi bersama Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh disaksikan Ketua DPRD Sumbar Supardi menggelar Pasar Murah Pangan.

POLIKO, METRO–Dalam rangka pemulihan ekonomi (Recovery Economy) masyarakat, Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Ketahan Pangan Kota Payakumbuh melaksanakan pasar murah bahan pangan bersubsidi 50 persen kepada masyarakat berpendapatan rendah di Kota Payakumbuh.

Kegiatan yang dilaun­cing di Kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi, Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Staf Ahli Elvi Jaya, Kadis Pangan Provinsi Sumbar Efendi, Kadis Ketahanan Pa­ngan Edvidel Arda beserta jajaran, camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, Lurah Bulakan Balai Kandi dan undangan lainnya.

Ketua DPRD Provinsi Sumbar Supardi mengatakan program pangan murah ini dilakukan untuk membangkitkan kembali daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok. Dimana saat pandemi Co­vid-19 ini perekonomian masyarakat mengalami penurunan.

“Ini untuk menggairahkan kembali daya beli ma­syarakat. Di pasar murah ini harganya di berikan subsidi sebesar 50 per­sen,” kata ketua DPRD Sumbar Supardi kepada media, Jumat (6/8).

Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Staf Ahli Elvi Jaya memberikan apresiasi kepada Peme­rintah Propinsi Sumatera Barat melalui  Dinas Pa­ngan Sumbar yang telah menyelenggarakan pasar murah untuk masyarakat ekonomi lemah di Kota Payakumbuh.

“Terimakasih kami u­capkan, program seperti ini sangat membantu ma­syarakat kita untuk memenuhi kebutuhannya, apalagi ditengah pandemi ini. Mudah-mudahan daya beli masyarakat kembali menggeliat di Payakumbuh,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar Efendi menyebut, untuk Kota Payakumbuh akan disalurkan 6.112 paket yang akan disebar di seluruh kelurahan.

“Untuk paketnya berisi beras 5 kg, minyak goreng 4 liter, telur 1 tray (30 butir) dan gula pasir 4 kg. Masyarakat cukup mem­bayar setengah harganya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kadis Ke­tahan Pangan Kota Payakumbuh Edvidel Arda di­dampingi Kabid Ketersediaan dan Cadangan Pa­ngan Gesmalindra me­ngatakan sebelumnya pihak kelurahan  bersama pengurus LPM telah me­lakukan pendataan kepada masyarakat yang berhak untuk menerima pa­ngan bersubsidi tersebut.

“Paket ini untuk ma­syarakat berpendapatan rendah , dimana untuk setiap kelurahan jumlahnya disesuaikan dengan jumlah penduduknya, dan je­las setiap kelurahan akan mendapatkan kegiatan ini, ucapnya.

“Untuk menghindari kerumunan kita telah me­nyampaikan kepada ma­sing masing kepala kelurahan untuk membagikan kupon dan membaginya pershif dengan  tetap mem­perhatikan protokol kesehatan,” tukuknya.

Untuk tahap awal dikatakan Kadis Edvidel dilaksanakan di Kecamatan Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Selatan yang dilaksankan mulai tanggal 6 – 13 Agustus ke­cuali tanggal 9 dan 10 Agustus yang lokasi pen­distribusiannya di kantor kelurahan. “Untuk Kecamatan Payakumbuh U­tara, Payakumbuh Timur dan Lamposi Tigo Nagori akan dilaksanakan setelah dua kecamatan ini selesai,” pungkasnya. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional