Menu

Tingkatan Pengawasan dan Identifikasi Perencanaan di Daerah Kota Pariaman

  Dibaca : 74 kali
Tingkatan Pengawasan dan Identifikasi Perencanaan di Daerah Kota Pariaman
PENGHARGAAN—Wako Pariaman Genius Umar terima penghargaan dari BPKP RI.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman Genius Umar, ikuti pe­laksanaan Rapat Koor­di­nasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pem­ba­ngu­nan (RAKOR­WASIN­KEU­BANG) Tingkat Provinsi Sumatera Barat bersama Kepala Daerah se-Provinsi Sumbar.. Rakor ini meru­pakan upaya pengawalan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pem­ba­ngu­nan pemerintah pusat dan daerah dalam program ketahanan pangan di wila­yah Provinsi Sumatera Ba­rat.

Kegiatan dibuka Guber­nur Sumbar, Mahyeldi An­sharullah, dengan nara­sumber Deputi Kepala BP­KP Bidang Investigasi RI, Agustina Arumsari dan perwakilan dari KPK RI, Kasatgas II Deputi Pen­cegahan dan Monitoring KPK RI, Arief Nurcahyo dan Pj. Sekda Provinsi Sum­bar, Benni Warlis.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumbar, Mah­yeldi Ansharullah katakan rakor ini merupakan lang­kah awal dalam menya­tukan derap langkah Apa­rat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Suma­tera Barat untuk mengawal tata kelola keuangan dan program pembangunan bersama kepala daerah bupati/walikota se-Sumbar.

Selain itu, dukungan, kolaborasi, dan sinergitas antar lembaga penga­wa­san juga menjadi kunci dalam terwujudnya sistem pengawasan internal yang efektif. Ia juga memohon dukungan dan pembinaan dari Komisi Pembe­ranta­san Korupsi RI, Kemen­terian Dalam Negeri dan Badan Pengawasan Ke­uangan dan Pembangunan untuk terus memberikan pembinaan kepada APIP se-Sumatera Barat. “Ke­giatan RAKOR­WASIN­KE­U­­BANG ini akan menjadi langkah awal untuk menya­makan persepsi untuk me­nentukan langkah-langkah apa yang harus kita ambil agar bisa mengawal pres­tasi dan meningkatkannya sektor pertanian melalui kolaborasi, sinergisitas, kerjasama dalam penga­­wasan,” ujar Buya Mah­yeldi.

Dalam arahannya, A­gus­tina Arumsari me­nyam­paikan bahwa fokus yang terpenting saat ini adalah sinergi penga­wa­san pusat dan daerah se­hingga tercapainya tujuan bersama.

Ia menambahkan, pen­ting­nya komitmen dan u­paya bersama dalam me­nga­wal akuntabilitas ke­uangan dan pembangunan di daerah yang belum optimal disebabkan oleh kua­litas perencanaan yang belum maksimal serta c­ross cutting program be­lum dirancang dengan ba­ik.

Genius menjelaskan, rapat koordinasi ini sangat penting dalam melak­sana­kan program pemba­ngu­nan karena banyak hal yang perlu kita perhatikan, terutama program pem­bangunan dengan berpe­do­man aturan yang telah ditetapkan, banyak hal yang dapat kita terima pada Rakor ini bukan saja pengelolaan pemba­ngu­nan oleh pemerintah tapi juga terhadap pembinaan BUMD, kondisi Sosial, bu­daya dan kemasyarakatan terutama dampak dari Co­vid-19.

“Kita berharap hasil Rakor ini dapat kita tindak lanjuti dengan peningkatan pengawasan dan me­ngi­dentifikasi perencanaan, sehingga pembangunan dapat memberikan kese­jahteraan Kepada masya­rakat,” tutup Genius me­ngakhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional