Menu

Tingkatan PDRB Perkuat Esensi Otonomi di Kota Pariaman

  Dibaca : 53 kali
Tingkatan PDRB Perkuat Esensi Otonomi di Kota Pariaman
Wali Kota Pariaman Genius Umar menyatakan salah satu kewenangan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah (Pemda) yaitu, kewenangan atas pungutan pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD).

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman Genius Umar menyatakan salah satu kewenangan yang diberikan oleh peme­rintah pusat kepada peme­rintah daerah (Pemda) yaitu, kewenangan atas pungutan pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD). “PDRB sebagai salah satu sumber pendanaan di dae­rah sesuai yang diatur dalam Undang-Undang no­mor 28 tahun 2009,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Katanya, Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PD­RB) adalah kewenangan ini diberikan untuk mem­per­kuat esensi dan posisi oto­nomi dalam menopang kapasitas fiskal daerah.

Wali Kota Pariaman Genius Umar katanya, pa­jak daerah merupakan sa­lah satu sumber PAD yang memiliki peranan yang sangat penting dalam pe­ningkatan kemampuan ke­uangan daerah, guna mem­bia­yai penye­lenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan umum.

Untuk itu katanya, perlu dilakukan upaya-upaya optimalisasi penerimaan pajak melalui sistem pemu­ngutan yang sederhana dan efisien, sehingga da­pat memberikan kemu­dahan-kemudahan dalam pelaksanaan pembayaran pajak tersebut bagi ma­syarakat.

“Jadi salah satu cara untuk mencapai potensi pajak daerah adalah de­ngan cara mengop­tima­lisasi penerimaan pajak sesuai dengan potensi da­e­rah, yaitu melalui pemu­takhiran atau validasi data pajak daerah. Validasi data pajak daerah dapat dilaku­kan dengan pengecekan di lapangan secara bertahap apakah data wajib pajak masih sama atau sudah berubah. Jika terdapat pe­ru­bahan perlu penye­suai­an pada basis data ter­sebut,” jelas Genius Umar. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional