Close

Tingkat Realisasi Vaksinasi Capai 74 Persen di Kota Sawahlunto

KOORDINASI--Koordinasi antara Walikota Sawahlunto Deri Asta, Kapolres Sawahlunto AKBP. Ricardo Condrat Yusufdan segenap Forkopimda.

SAWAHLUNTO, METRO–Tingkat vaksinasi Kota Sawahlunto capai 74 per­sen, hal ini merupakan suatu pencapaian yang baik jelang akhir November 2021. Wali Kota Sa­wahlunto Deri Asta, di Sawahlunto, Kamis (18/11) menyebutkan,  sebagai kota wisata maka dalam masa pandemi sekarang agar wisatawan mau ber­kunjung harus dengan memberikan perlindungan agar terhindar dari penyebaran Covid – 19.

“Untuk destinasi wisata Sawahlunto, itu terlin­dungi dengan penerapan protokol kesehatan dan petugas – petugas yang telah divaksin. Sementara secara umum untuk ma­syarakat Sawahlunto itu sekarang sudah 74,72 persen yang telah divaksin,” kata Deri Asta.

Terkait capaian vaksinasi, Wali Kota Deri Asta menambahkan bahwa Ko­ta Sawahlunto berada di posisi nomor tiga paling tinggi dari seluruh Kota/Kabupaten lain di Provinsi Sumbar. Posisi capaian vaksinasi Kota Sawahlunto berada di bawah Kota Padang Panjang dan Bukittinggi.

“Intinya saat ini kami berkomitmen menciptakan wisata yang aman dan sehat bagi pengunjung, petugas dan masyarakat Sawahlunto. Upayanya, sesuai kesepakatan dan regulasi yang diberlakukan oleh aparat berwajib (TNI – Polri) bersama Satgas Covid, maka protokol kesehatan dan vaksinasi ini yang kami laksanakan,” tegas Deri Asta.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sawah­lunto, Nova Erizon mengatakan, selain destinasi wisata, kegiatan – kegiatan wisata yang digelar dalam memeriahkan momen Ha­ri Jadi Kota Sawahlunto ke – 133 Tahun juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan dan wajib telah divaksin bagi peserta.

“Kita pun sedang mem­buat konsep bagaimana pariwisata berkolaborasi mendukung vaksinasi. Jadi bekerjasama de­ngan Dinas Kesehatan, kita akan mengadakan layanan vaksinasi di destinasi dan iven – iven pariwisata,” ujar Nova Erizon.

Kapolres Sawahlunto, AKBP. Ricardo Condrat Yusuf menyebut pihaknya telah dan terus bersiaga mengawal penerapan pro­tokol kesehatan dan vaksinasi di Kota Sawahlunto.

“Kita mengerahkan se­luruh kekuatan, kemudian sekarang turun sampai ke rumah – rumah (door to door) bersama jajaran pemerintah desa/kelurahan. Berbagai pengawalan terus kita laksanakan da­lam upaya mencegah pe­nyebaran Covid – 19 dan meningkatkan kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat Kota Sa­wahlunto,” kata Kapolres.

Untuk kasus terkonfirmasi positif Covid – 19 di Kota Sawahlunto saat ini dilaporkan Kepala Dinas Kesehatan, Yasril, bahwa sudah nol kasus. Kosongnya kasus Covid – 19 di Sawahlunto ini turut ber­kontribusi menurunkan status PPKM di Kota Sa­wahlunto ke level dua.

“Update sekarang ti­dak ada yang terkonfirmasi positif Covid di Sawah­lunto. Demikian pula yang dikarantina atau pun isolasi mandiri juga tidak ada lagi,” lapor Yasril.

Pihak pelaku usaha perjalanan wisata pun menyambut positif kesiapan Pemko Sawahlunto menyambut wisatawan tersebut. Pemilik Dakoga Tour dan Travel, Insan Kamil, mengatakan perusahaannya bersinergi de­ngan Pemko Sawahlunto dalam menerapkan protokol kesehatan bagi wi­satawan yang dibawa ke Sawahlunto.

“Kami menyediakan fasilitas protokol kesehatan pada wisatawan, se­perti masker dan hand sanitizer. Kemudian wi­satawan yang dibawa ka­mi cek terlebih dahulu kesehatannya, kalau bisa juga telah divaksin dan ada hasil test swab antigen,” ujar Insan Kamil. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top