Close

Tingkat Provinsi Sumbar, Kota Solok Pusat Hari jadi Pramuka ke 61

FOTO BERSAMA— Wali Kota Solok Zul Elfian bersama pengurus Pramuka lainnya foto besama usai kegiatan.

Kota Solok menjadi pusat kegiatan memperingati Hari Pramuka ke-61 tingkat provinsi Sumatta Barat ta­hun ini. Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat pun menggelar berbagai kegiatan di Kota Solok. Selain apel besar yang me­nandai puncak peringatan peringatan hari jadi pramuka ke 61 yang dipusatkan di lapangan merdeka, Kota Solok, Giat Prestasi Da­erah Sumbar (GPD) 2022 juga mengisi rangkaian kegiatan ter­sebut.

GPD yang me­ng­­angkat te­ma “Tran­sfor­ma­­si Gerakan Pra­­­muka Menuju Era Digital” seakan menjadi tantangan kedepannya. Rangkaian GPD 2022 diawali dengan malam pembukaan bertajuk “Tuah Sakato”.

Kegiatan ini tampak di­meriahkan dengan pertunjukan berbagai atraksi seni dan budaya yang dikemas secara. Kegiatan berbagai prestasi kepramukaan yang di gelar di Bumi Perkemahan Pulau belibis, Ampang Kualo, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok pun cukup menarik bagi para peserta.

Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Audy Joinaldy mengungkapkan, kebanggaannya atas penyelenggaraan Malam Tuah Sakato yang begitu semarak di Kota Solok. Kegiatan ini tampak dihadiri Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bachtiar Utomo, Ketua Komisi Kesakaan Sako dan Gugus Dharma Yuniar Luthfi, ketua-ketua Kwartir Cabang Se-Sumatera Barat, Timbalan Ketua Pesuruhjaya Pengakap Negeri Sabah Malaysia dan ratusan pramuka penggalang dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar.

“Apresiasi khusus setinggi-tingginya pada seluruh panitia, tamu undangan dan adik-adik Pramuka penggalang. Acara ini keren banget, luar biasa,” kata Audy.

Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Bachtiar Utomo juga memberikan apresiasi pada malam pembukaan tersebut. Acara dan kegiatan ini menurutnya membuktikan bahwa pandemi yang telah berlalu tidak mengurangi semangat pelaksanaan kegiatan Pramuka sebagai bagian kegiatan pendidikan informal.

Sebelumnya Ia menuturkan, tahun ini Kwarnas Gerakan Pramuka juga telah melaksanakan beberapa kegiatan kepramukaan nasional, antara lain Perkemahan Wirakarya Nasional di Jambi, Perkemahan Jambore Nasional ke XI di Bumi Perkemahan Cibubur, dan Perkemahan Antar Satuan Karya di Bangka Belitung. Disusul Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara pada November mendatang.

Di sisi lain Wali Kota Solok, Zul Elfian menilai Giat Prestasi Daerah Sumbar 2022 ini menjadi sarana pendidikan dan keterampilan, terutama bagi Pramuka pe­negak dan berkebutuhan khusus yang di­ke­mas dalam ke­giatan perlombaan yang menarik dan riang dengan me­tode pamong.

Dan Kota Solok lanjutnya me­­resa termotivasi untuk terus mengembangkan inovasi demi kemajuan gerakan Pramuka di Kota Solok. Diyakini Zul Elfian, kegiatan Pramuka membawa dampak positif yang begitu besar terhadap generasi penerus.

“Sebagai puncak peringatan hari pramuka, Wakil Gubernur Sumatera Barat selaku Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Audy Joinaldi menjadi pembina Apel Besar Hari Pramuka ke-61 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dipusatkan di Kota Solok, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Solok, Rabu (19/10),” sebutnya.

Audy Joinaldy mengatakan, peringatan Hari Pramuka ke-61 mengangkat tema ‘Mengabdi tanpa batas mem­bangun ketangguhan bangsa’.  Apel besar tersebut juga menampilkan tari massal dan atraksi kepramukaan oleh pelajar se-Kota Solok dan Marching Band dari IPDN Baso.

Pada kesempatan itu, juga diberikan beberapa penghargaan di bidang Pramuka. Lencana Melati dibe­ri­kan kepada Ketua Harian Kwarcab Kota Solok, Wadirman, dan Kapusdiklatcab Kota Solok, Anasrul.

Lencana Darmabakti di­berikan kepada Ketua Mabicab Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Ketua Mabicab Pasaman Barat, Hamsuardi, Ketua Kwarcab Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Ketua Kwarcab Pasaman Barat, Risnawanto, Ketua Kwarcab Pesisir Selatan, Rudi Hariansyah, serta ang­gota Mabicab Ko­ta Padang, Edy Ok­tafiandi.

Lencana Karya Bak­­ti diberikan kepada Kapusdiklatda Sum­­bar, Candrianto, Wakil Ketua Kwarda Sumatera Barat, Patra Rina Dewi, Ketua Kwar­­cab Sawahlunto, Zohirin Sayuti, dan Wakil Ketua Kwarcab Kota Solok, Afridoni Aradhita. Serta Lencana Teladan diberikan kepada Dewan Kerja Daerah Sumatera Barat, Fridy Su­feno.

Bahkan penyerahan peng­­hargaan juga diberikan kepada warga Kota Solok yang berhasil menjadi juara 1 dalam kompetisi TIK bagi disabilitas angkatan kerja tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI atas nama Fir­daus. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top