Close

Tingkat Hunian Hotel Turun 50 Persen

Ilustrasi

PEMUDA, METRO – Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar mengeluhkan penurunan drastis yan terjadi pada tingkat hunian hotel akihat harga tiket yang mahal selama libur lebaran. Penurunan mencapai 50 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Ketua PHRI Sumbar, Yusran Maulana mengatakan, penurunan tingkat hunian hotel selama libur lebaran karena disebabkan berkurangnya kunjungan ke Sumbar akibat berkurangnya flight (penerbangan). Harga tiket yang melambung tinggi tak sanggup lagi dijangkau oleh masyarakat umum.

“Akibatnya, banyak masyarakat yang membatalkan rencana liburannya ke Sumbar. Kalau tidak dalam keadaan terpaksa, orang tidak akan mau mengeluarkan uang hingga Rp7 juta untuk membeli tiket pesawat,” sebut Yusran.

Pihaknya sebut Yusran, berharap pada pemerintah agar menstabilkan lagi penerbangan agar tak terjadi dampak yang lebih buruk lagi pada usaha perhotelan atau usaha usaha lainnya. Solusi pilihan transportasi dengan jalur darat menurutnya tak serta merta memulihkan tingkat kunjungan.

Hal ini terang Yusran, karena tak semua orang mau berhari-hari menempuh jalur darat untuk berlibur lebaran. Kalaupun ada yang menempuh jalur darat, mereka pulang lebih cepat karena mengingat waktu yang lama diperjalanan. Sehingga secara tak langsung ikut berpengaruh pula pada tingkat kunjungan ke hotel. Karena mereka hanya sebentar saja berlibur.

Ia menambahkan, akibat kondisi tiket pesawat yang mahal ini, sejumlah hotel hanya bisa merasakan tingginya kunjungan selama 2 hingga 3 hari saja. Sementara dalam kondisi biasa, tingginya kunjungan ke hotel selama libur lebaran bisa mencapai 5 sampai 14 hari.

Untuk menghindari dampak yang tak diinginkan, PHRI secara kelembagaan menurut Yusran sudah berupaya melakukan diskusi dengan pemerintah pusat agar pemerintah melakukan kontrolnya untuk menormalkan lagi harga tiket dengan cara menghilangkan monopoli penerbangan yang terjadi saat ini.”Kami terus berjuang agar pemerintah pusat melakukan kontrolnya segera,” sebutnya. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top