Close

Tindaklanjut dari Program Sijunjung Berzakat, Baznas Sijunjung Distribusikan Zakat Tahap I

SERAHKAN DANA ZAKAT—Bupati Sijunjung, Benny Dwifa menyerahkan zakat kepada mustahiq. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program Sijunjung berzakat yang telah dicanangkan.

SIJUNJUNG, METRO–Baznas Kabupaten Si­junjung mendistribusikan dana zakat tahap I kepada Mustahiq melalui per­wa­kilan UPZ masing-masing di Gedung Pancasila Mua­ro Sijunjung. Penyaluran zakat tersebut sebagai tindak lanjut dari program Sijunjung berzakat yang telah dicanangkan pada beberapa waktu lalu.

Dana zakat tahap I ini merupakan zakat yang dikumpulkan melaui UPZ dan dikoordinir oleh Baz­nas Kabupaten Sijunjung dalam kurun waktu Ja­nuari sampai Juni 2021. Seti­daknya sebanyak Rp­2,5 Miliar dana zakat yang terkumpul pada tahap I ini.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa menyerahkan  lang­sung zakat tersebut ke­pada para mustahiq yang telah dirumuskan keda­lam lima program dalam pengelolaan dana zakat oleh Baznas Sijunjung di­an­taranya, program Sijun­jung peduli, Sijunjung cer­das, Sijunjung makmur, Sijunjung Taqwa dan Si­jun­j­ung Sehat.

“Gerakan Sijunjung Berzakat dicanangkan un­tuk membantu menyele­saikan masalah-masalah yang terkait dengan ke­mis­kinan dan sosial dite­ngah masyarakat, selain merupakan kewajiban ba­gi umat Islam. Dukungan dan partisipasi kita semua sangat dibutuhkan, karena zakat ini membantu ma­sya­rakat yang membu­tuhkan,” tutur Bupati Sijun­jung.

Dijelaskannya, peran Baznas sejalan dengan tujuan pemerintah untuk mensejahterakan ma­sya­rakat. “Selain dari program sosial lainnya yang ada di pemerintah, Baznas juga memiliki peran untuk mensejahterakan masya­rakat, memberikan perha­tian kepada masyarakat yang membutuhkan,” je­las Benny Dwifa.

Ketua Baznas Kabu­paten Sijunjung Hidayatul­lah, LC, MA menyampai­kan, dalam penyaluran dana zakat tahap I ini dari keselu­ruhan program yang dilak­sanakan Baznas, para mus­tahiq yang akan mene­rima manfaat lebih dari 2700 orang dari seluruh UPZ.

“Kepada unit-unit yang belum membentuk UPZ agar segera memben­tuknya. Ini bertujuan u­­n­tuk lebih menyebar­luas­kan manfaat zakat ke selu­ruh wilayah di Sijunjung. Prinsip pendistribusian dana zakat menyesuaikan dari UPZ masing-masing,” sebutnya.

Kegiatan pendistri­bu­sian zakat juga dimanfaat­kan oleh Baznas Sijunjung untuk mensosialisasikan program-program Baz­nas.

“Program Sijunjung peduli diperuntukkan bagi keluarga ataupun warga yang tertimpa musibah dan bencana. Program Sijunjung cerdas dipe­runtuk­kan bagi pelajar atau mahasiswa dari ke­luar­ga miskin berupa be­asi­swa. Program Sijunjung Makmur adalah zakat ro­duktif bagi keluarga miskin untuk memulai berusaha,” terang Ketua Baznas Si­jun­jung.

“Sedangkan program Sijunjung taqwa diperun­tukkan bagi da’i dan mua­laf. Program Sijunjung sehat adalah bantuan bagi keluarga miskin untuk da­pat memenuhi kebutuhan kesehatan ataupun sara­na prasarana yang terkait dengan kesehatan ling­kungan seperti jamban sehat dan sarana MCK lainnya,” tambahnya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top