Close

Timnas Indonesia Targetkan 1 Emas dari 19 Nomor

PRESCON— Raja Sapta Ervian (tengah) bersama panpel saat preskon di Hotel Mulia Senayan Jakarta (16/11).

JAKARTA, METRO–Pengurus Besar Fe­de­rasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) menargetkan satu medali di Kejuaraan Dunia Karate 2022 bertajuk Internatio­nal WKF Series A.

Ajang tersebut ber­lang­sung di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Sena­yan, Ja­karta, pada 18–20 November 2022. Ajang itu total diikuti 65 negara de­ngan 670 peserta dan mem­pertandingkan 19 kelas senior.

Sekjen PB FORKI Raja Sapta Ervian menyatakan, WKF Series A seharusnya berlangsung di Tiongkok. Pihaknya berharap, dalam 19 nomor yang dipertan­dingkan, minimal bisa men­dapat satu medali emas.

Meskipun, merealisasikan target tersebut tidak mudah. Apalagi, event itu diikuti atlet dari berbagai negara seperti Eropa, A­merika, hingga Jepang yang memiliki kualitas mum­puni di karate.

Dia menyatakan, sepanjang sejarah, belum pernah ada atlet Indonesia yang berhasil meraih me­dali emas di WKF Series A. Sementara itu, timnas Indonesia akan menurunkan 17 atlet, baik di nomor kata maupun kumite.

Sebanyak 17 atlet tersebut di luar Ahmad Zigi Za­resta Yuda dan Cok Istri Agung Sanistyarani yang sudah berada di rangking 32 besar. Sementara itu, ajang tersebut diperuntukkan untuk atlet di kelas ranking 32 besar ke bawah.

Lantas, siapa saja atlet yang berpeluang meraih medali emas?

’’Mengenai siapa atletnya, kami akan lihat di lapangan. Kami tidak ingin menyebutnya karena akan membebani atlet tersebut. Terpenting, kami akan persiapkan atlet sebaik mung­kin,’’ bebernya saat memberikan keterangan di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Rabu (16/11).

Pria yang akrab disapa Eyi itu optimistis para atlet bisa menampilkan performa yang melebihi ekspektasi. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir, progres atlet meningkat. Salah satunya, ketika berhasil menjadi juara umum di SEA Games 2021 Vietnam. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top