Close

Timnas Indonesia Butuh Waktu 10 Tahun Bersaing di Top Level Asia

Shin Tae-yong

JAKARTA, METRO–Semua pecinta sepak bola Indonesia tentu ingin Timnas Indonesia untuk terus berprestasi. Minimal bisa bersaing di level Asia dalam waktu dekat.

Namun pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memiliki pendapat yang menarik mengenai hal itu. Ia merasa, sepak bola Indonesia perlu melakukan banyak hal jika ingin Tim­nas Indonesia bisa ber­saing di top level Asia.

Pihak-pihak terkait se­perti PSSI, Pemerintah, dan klub sepak bola Tanah Air harus saling bekerja sama dalam hal ini. Mereka harus membuat program yang baik.

Shin Tae-yong mem­berikan analisis hasil yang dilakukan Timnas Indonesia akan terlihat 10 tahun ke depan jika ketiga pihak itu mulai membangun program yang baik dalam waktu dekat ini.

“Saya belum bisa me­yakinkan kapan, tetapi ha­rusnya PSSI dan Timnas serta setiap klub harusnya menjadi satu unit untuk membuat program yang baik. Menurut saya perlu waktu minimal 10 tahun,” ujar Shin di kanal Youtube Sport77 Official.

Lebih lanjut Shin Tae-yong menyoroti hal ter­penting ketika ingin mem­bangun Timnas Indonesia yang kuat. Hal yang dimak­sud adalah pembinaan usia dini

“Yang pertama harus membuat pembinaan usia dini,” jelasnya.

Menurut Shin, pem­bi­naan pemain usia dini me­mang sangat penting. Jika hanya fokus pada prestasi dan target jangka pendek, sepak bola Indonesia tidak akan bisa berkembang le­bih jauh.

“Jika kita hanya ber­bicara prestasi, prestasi, prestasi, tidak akan bisa berkembang,” tandas­nya.

Ada satu faktor lagi yang menurut Shin Tae-yong bisa membantu me­ningkatkan level Timnas Indonesia. Yakni liga di Tanah Air harus kuat.

“Satu lagi kalau mau timnas kuat ya liga harus kuat,” tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Dalam sistem pe­ring­kat kompetisi di AFC, Indonesia menempati posisi ke-25. Bahkan, Indonesia ka­lah jika dibandingkan ne­gara Asia Tenggara lain seperti Singapura (20), Thai­land (12), Vietnam (10), dan Malaysia (9).

Fakta tersebut membuat kompetisi sepak bola Ta­nah Air juga harus terus ditingkatkan. Selain mem­pengaruhi kualitas Timnas Indonesia, peningkatan level kompetisi juga bisa menambah jatah klub Indonesia yang berlaga di Liga Champions Asia dan Piala AFC. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top