Close

Timnas Era Shin Tae-yong Punya Tipe Permainan Menarik

LATIHAN--Pemain Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae yong tengah latihan di Turki.

JAKARTA, METRO–Timnas Indonesia terus menggeber persiapan untuk menghadapi Piala AFF 2020 yang akan dimulai pada 5 Desember 2021 mendatang. Selain pemusatan latihan, Timnas Indonesia juga menyusun agenda uji coba.

Terdekat, Timnas Indonesia akan menjalani laga uji coba melawan Afganistan. Laga yang terdaftar dalam agenda jeda internasional FIFA itu akan dilangsungkan di Turki, Selasa (16/11/2021).

Mantan bek Timnas Indonesia, Wahyu Wi­jiastanto punya penilaian mengenai potensi tim Merah-putih yang saat ini dipimpin Shin Tae-yong. Ia mengaku Timnas Indonesia punya tipikal per­mainan yang menarik sejak kehadiran pelatih asal Korsel itu.

Menurut Wahyu, permainan Timnas Indonesia jadi susah ditebak. Terutama permainan dari sisi sayap yang menjadi kekuatan tersendiri. “Asnawi Mang­kualam misalnya posisinya kan wing back, tapi ia bisa bergerak ke tengah,” ungkap Wahyu Wijiastanto kepada Bola.com, Senin (15/11/2021).

Melawan Afganistan, Wahyu memperkirakan pola yang selama ini dibangun oleh Shin Tae-yong akan tetap dipertahankan. Pemain pendek, melakukan pressing, dan menyerang dengan cepat lewat sisi sayap.

Lebih lanjut sosok yang kini menjadi asisten pelatih plus pemain di klub Liga 3, PSISa Salatiga itu menyatakan Shin adalah sosok pelatih yang punya karakter menarik.

Eks pelatih Korea Selatan itu disebut Wahyu mau memperhatikan detail-detail kecil yang seharusnya tidak perlu ia urusi lagi di level profesional. “Bagus sih, maksudnya pelatih (Shin Tae-yong) juga pintar. Detail-detail kecil sampai diperhatikan, misalnya soal kedisiplinan makanan,” lanjut pemain yang tampil di Piala AFF 2012.

Menghadapi Piala AFF tahun ini, Wahyu Wijiastanto cukup percaya diri dengan peluang Indonesia. Apalagi menurut dia, progres Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong sudah terlihat.

“Sebagai mantan pemain timnas dan orang Indonesia ya saya optimistis, progres sudah kelihatan dari mereka,” tegas eks penggawa Persis Solo dan Persiba Bantul. (*/boy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top