Close

Tim Wasev Mabes TNI AD Kunjungi TMMD ke-112 Kabupaten Solok, Kolonel Inf Rudi Martiandi D: Manfaatnya harus Dirasakan Masyarakat

KUNJUNGI—Rombongan Tim Wasev Mabes TNI AD yang diketuai Kolonel Kolonel Inf Rudi Martiandi D didampingi Kapolres Solok Kota, AKBP Feri Suwandi S.I.K., Kepala Dinas DPMD Provinsi Sumbar Amasrul, dan Forkopimda Kabupaten Solok mengunjungi lokasi TMMD ke-112 Kabupaten Solok, Kamis (30/9).

SOLOK, METRO–Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI AD melakukan peninjauan ke lokasi Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 di Nagari Koto Sani dan Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Kamis, (30/9). Dalam kunjungan dan peninjauan lokasi TMMD tersebut,  Ke­tua Tim Wasev Mabes TNI AD, Kolonel Inf Rudi Martiandi D hadir bersama Paban VI/Wanwil Sterad Letkol Inf Timmy Prasetya H., S.Sos., Pabandya 4/Bin Bak­sos dan Gulben Spaban V/Bakti TNI Sterad.

Kehadiran rombongan TIM Wasev Mabes TNI AD ini didampingi  Kasiter Kasrem 032/Wirabraja Kolonel Kav Husnizon Dandim 0309/Solok,  Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol., Kapolres Solok Kota, AKBP Feri Suwandi S.I.K., Kepala Dinas DPMD Provinsi Sumbar Amasrul, dan Forkopimda Kabupa­ten Solok.

Sebelum menuju lokasi TMMD, Tim Wasev menerima paparan TMMD 112 Kodim 0309/Solok oleh Dan­satgas Letkol Arm Re­no Triambodo S.Sos., M.I.­Pol., di Aula Yudha Makodim 0309/Solok.

Setibanya di lokasi TM­MD, Kolonel Inf. Rudi Martiandi D. beserta rombo­ngan mengunjungi posko dan memberikan bantuan bahan kontak dari Ketua Tim Wasev Mabes TNI AD kepada Wali Nagari Koto Sani, Deswandi dilanjutkan pemeriksaan administrasi posko.

Selanjutnya Tim Wasev Mabes TNI AD beserta rombongan melaksanakan peninjauan secara langsung sasaran fisik TMMD ke-112 Kodim 0309/Solok. Yakni, pengecoran jalan atau betonisasi, pembuatan irigasi pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan pembukaan jalan usaha tani (JUT) di Nagari Tanjung Alai.

Kolonel Inf. Rudi Martiandi D mengatakan, deng­an batas waktu yang telah ditentukan dan capaian hasil sudah sesuai target yang diinginkan. Kolonel Inf  Rudi Martiandi D menambahkan, program TM­MD ke – 112 tahun 2021 ini manfaatnya harus dirasakan oleh masyarakat. Ia merasakan kebahagiaan masyarakat akan adanya program ini.

Sementara, TMMD Re­guler ke–112 tahun 2021 di Kabupaten Solok, menjadi sebuah anugerah dan ha­rapan baru bagi Lismawarni (54). Warga Jorong Pa­dang Belimbing Nagari Koto Sani itu terpilih men­dapatkan program RTLH.

Lismawarni seorang janda dengan tujuh anak, karena suaminya me­ninggal 10 tahun lalu. “Suami saya 10 tahun lalu sudah meninggal, punya anak  tujuh yang masih kecil-kecil pada saat itu,” ucap Lismawarni saat berada di rumahnya yang sedang dibangun Satgas TMMD.

Sepeninggal suaminya, Lismawarni menjadi tulang punggung keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari– hari dan pendidikan bagi anak – anaknya, “Sejak suami meninggal du­nia, saya mau nggak mau harus memenuhi kebutuhan dan pendidikan anak,” ungkapnya.

Untuk memenuhi kebutuhan, Lismawarni bekerja ke sawah yang kebetulan milik orang tuanya. Untuk sementara dia pun tinggal di rumah orang tuanya beserta tujuh orang anaknya.

“Dengan adanya TM­MD ke-112 ,saya seperti mendapatkan anugerah dan ada harapan baru untuk saya dan keluarga. Te­rima kasih yang sebesar besarnya yang dapat saya ucapkan untuk Satgas TM­MD yang sudah merehab rumah saya,” pungkas Lismawarni.

Buka Akses Jalan Usaha Tani

Dalam upaya mening­katkan perekonomian serta kesejahteraan masya­rakat khususnya para petani, Satgas TMMD ke-112 tahun 2021 Kodim 0309/Solok membuka akses transportasi dengan membantu membuat JUT di Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak.

Satgas TMMD bersama warga telah melaksanakan pengerjaan pembangunan JUT dengan bobot mencapai 70 persen dari rencana sepanjang 1127 meter dan lebar lima meter akan di­selesaikan. JUT ini untuk membantu kepentingan masyarakat. Saat ini jalan telah digarap setengah dari jumlah pekerjaan agar lebih maksimal juga deng­an menggunakan alat berat.

Tentunya sesuai harapan masyarakat agar jalan ini nantinya menjadi akses serta memberikan nilai manfaat. Khususnya pada saat pengangkutan hasil panen akan lebih efektif serta efisien bernilai eko­nomis. Sehingga dapat mem­bantu peningkatan hasil pertanian serta kesejahteraan masyarakat, khu­susnya petani.

Dandim 0309/Solok Letkol Arm Reno Triambodo S.Sos., M.I.Pol., selaku Dansatgas TMMD ke-112, me­ngungkapkan, JUT merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian.

JUT juga digunakan me­ngangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan, maupun lokasi pemasaran. “Ke­­beradaan JUT ini sa­ngat penting dalam upaya memberdayakan perekonomian masyarakat. Se­hingga dalam TMMD kali ini, menjadi salah satu obyek sasaran fisik,” ung­kapnya.

Keberadaan JUT ini, lebih memudahkan mobilitas alsintan, pupuk maupun hasil produksi pertanian. Sehingga para petani lebih termotivasi dalam meningkatkan kapasitas produksi pangan di wila­yah, khususnya Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok.(fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top