Menu

Tim Visitasi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Datang, Gudep SDN 05 Padang Tarok Dinilai

  Dibaca : 182 kali
Tim Visitasi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Datang, Gudep SDN 05 Padang Tarok Dinilai
KUNJUGI SEKOLAH— Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Negeri 05 Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, (feri rahman/posmetro)

AGAM, METRO – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Negeri 05 Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, untuk melakukan visitasi penilaian gugus depan unggul dan festival penggalang ceria sekolah dasar tahun 2019 tingkat nasional, Kamis (1/8).

Sebelumnya gugus depan SDN 05 Padang Tarok, Arzet dinyatakan lolos dalam penilaian dokumen portofolio yang dilakukan Maret 2019 lalu. Berdasarkan hasil penilaian tahap I itu, Gudep SDN 05 Padang Tarok, berlanjut kepada visitasi. Selain di Agam, hal yang sama juga dilakukan di Kota Padang dan Bukittinggi.

Ketua tim penilai Desi Ampriani mengatakan, dari 19 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat yang mengirim dokumen portofolio sebagai penilaian tahap I, hanya tiga gudep dari tiga daerah yang berlanjut kepada visitasi atau kunjungan lapangan.

”Hal ini dilakukan berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud RI Nomor : 1314/D2/KP/2019, tentang hasil seleksi portofolio,” ujarnya.

Merujuk dari keputusan itu, disebutkannya bahwa Gudep 05 Padang Tarok, Arzet yang sudah lolos seleksi portofolio berlanjut kepada visitasi, sebagai upaya untuk melihat secara langsung kebenaran portofolio yang dikirim ke pusat.

Terkait visitasi, Desi Ampriani menyebutkan kriteria penilaian yang akan dilakukan seperti aspek keunggulan SDM, manajemen administrasi dan kehumasan, dana sarana dan prasarana, kegiatan, proses, prestasi dan kemitraan.

Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Agam, mengapresiasi Gudep SDN 05 Padang Tarok yang didatangi langsung oleh tim visitasi tersebut. Ini suatu kebanggaan bagi keluarga besar Kwarcab Gerakan Pramuka Agam.

Ketua II Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Agam, Isra mengatakan, berdasarkan data Kwarcab, salah satu nilai lebih dari Gudep SDN 05 Padang Tarok adalah tingginya dukungan semua pihak dan potensi SDM.

Tidak hanya itu, kepala sekolah dan guru baik PNS maupun honor, sudah mengikuti dan memiliki ijazah kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar (KMD). Bahkan penjaga sekolah yang honor juga telah memilikinya.

Di samping sudah mengikuti KMD, KML dan KPD, Gudep SDN 05 Padang Tarok juga menjadi peserta Karang Pamitran Nasional tahun 2018, di Jawa timur. “Dengan itu, kita mengharapkan dapat menambah nilai Gudep SDN 05 Padang Tarok dalam penilaian gugus depan unggul dan festival penggalang ceria sekolah dasar tahun 2019 tingkat Nasional tersebut,” pungkas Kadisdikbud Agam itu. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional