Menu

Tim PKM Unand Bantu Usaha Peternakan Itik Petelur Afrizal Farm di Surian Solok

  Dibaca : 77 kali
Tim PKM Unand Bantu Usaha Peternakan Itik Petelur Afrizal Farm di Surian Solok
PETERNAKAN ITIK— Tim PKM Unand melakukan proses pengembangan peternakan itik di Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok.

PADANG, METRO
Di Sumatera Barat (Sumbar), itik telah menjadi usaha peternakan yang populer oleh peternak setelah peternakan ayam. Itik merupakan salah satu ternak yang memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat, baik untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani berupa telur atau daging.

Usaha peternakan itik di Sumbar sudah merambah hampir di seluruh kabupaten dan kota. Salah satunya di Kabupaten Solok, tepatnya di Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin yang memiliki potensi untuk dikembangkan peternakan itik petelur.

Salah satu usaha berkembang peternakan itik di Nagari Surian adalah Afrizal Farm yang berdiri dari tahun 2019 dengan populasi saat ini sebanyak 300 ekor. Peternakan dengan sistem pemeliharaan secara intensif, diketuai oleh Febrian Toni SSi, telah bersedia dijadikan sebagai ketua mitra. Ke depannya diharapkan sebagai percontohan dan pusat kelompok ternak itik di Nagari Surian, sehingga dapat meningkatkkan perekonomian masyarakat.

Namum, peternakan itik di Nagari Surian secara keseluruhan masih sebagai usaha sampingan bagi masyarakat yang mayoritas bertani. Kemudian peternak masih belum memahami manajemen pemeliharaan dengan baik yang mengakibatkan produksi itik masih rendah.

Hal ini diperparah akibat adanya pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir satu tahun ini, menyebabkan peternak itik semakin terkena imbasnya. Usaha peternakan dan usaha lainnya harus terus bertahan di tengah pandemi.

Dari latar belakang di atas, Tim PKM Universitas Andalas yang diketuai oleh Linda Suhartati, S.Pt, M.Si (Fakultas Peternakan) melakukan program perbantuan di Surian. Beranggotakan Dr. Ir. Tertia Delia Nova, M.Si (Fakultas Peternakan), Qurrata Aini, S.Pt, M.Pt (Fakultas Peternakan), Tevina Edwin, S.Pt, MP (Fakultas Peternakan) beserta Tim Pendukung Rizqan, S.Pt, M.Pt, Teguh Rafian, S.Pt, M.Si.

“Juga diikuti mahasiswa Fakultas Peternakan yang merupakan putra dan putri daerah yaitu Dafid Rahmadani, Wesri Juliana, Eriko Pratama, Selmina Susanti, Kalbura Kamda Pradana,” kata Ketua Tim Linda Suhartati.

Pada kegiatan yang dilaksanakan pada 19 Desember 2020 Tim PKM Unand melakukan sosialisasi perencanaan kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 tahun ke depan dimulai dari 2021, 2022 dan 2023 demi pengembangan peternakan itik di Nagari Surian.

“Di antaranya memberikan pembinaan pada peternak dimulai dari meningkatkan motivasi peternak, manajemen pemeliharaan itik yang baik, peningkatan populasi dengan menjadikan pusat pembibitan, peningkatan produksi dan pemasaran produk olahan yang dihasilkan,” kata Linda.

Menurut Linda pengabdian masyarakat yang terlaksana saat ini, didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas dengan Skim Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang. “Semoga kami bisa membantu usaha peternakan itik petelur di Afrizal Farm Nagari Surian dan juga farm-farm lainnya,” kata Linda. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional