Close

Tim PKK Padangpariaman Menuju Arena Jambore PKK 2022, Utus 21 Kontingen, Ikuti Kegiatan dengan Serius Menjadi yang Terbaik

BERSAMA—Bupati Padangpariaman Suhatri Bur bersama OPD di arena Jambore PKK peraih juara lomba.

Laporan: Efanurza Padangpariaman

Tim PKK Padangpariaman berangkat ke Kabupaten Agam dalam rangka mengikuti PKK berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022. Tim tersebut langsung dipimpin Ketua TP PKK Padangpariaman Ny Yusrita Suhatri Bur. Dalam  pemberangkatan tim PKK ke aena jambore dilepas Sekda Padangpariaman Rudy Refenaldi Rilis mewakili Bupati Padangpariaman Suhatri Bur. Lomba tersebut diikuti  dalam rangka Hari Kesatuan Ge­rakan PKK dan merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahun. Namun lokasinya berbeda setiap tahunnya, seka­rang dilaksanakan di kabupaten Agam selama tiga hari berturut turut atau sampai tgl 20 Juli 2022.

Sekda Rudy Rilis me­ngatakan, jambore diikuti oleh 19 Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat termasuk Kabupaten Padangpariaman. Sementara itu, Kabupaten Padangpariaman mengutus sebanyak 21 kontingen untuk berlaga dalam berbagai berlombaan yang diadakan. “Kita tentu berharap kepada peserta yang diutus untuk menjaga nama baik Kabupaten Padangpariaman, berprilaku dan ber­tindak sesuai dengan baik, buktikan bahwa kita pantas menjadi juara,” ujar­nya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Padangpariaman Yusrita Suhatri Bur memberikan arahan untuk seluruh kader agar mengikuti rangkaian kegiatan jambore dengan serius dan sungguh-sungguh. Ia turut berharap, melalui berbagai perlombaan yang diselenggarakan dapat menambah ilmu para ka­der PKK dalam melaksa­nakan 10 program pokok PKK. “Semoga kontingen yang berangkat hari ini bisa saling jaga kekompakan, jaga kesehatan dan terutama semangat da­lam berlomba dan membawa prestasi sebanyak-ba­nyak­nya untuk Kabupaten Pa­dangpariaman,” ujar­nya.

Diketahui, tujuan kegiatan jambore ini adalah untuk meningkatkan silaturrahmi antara sesama peserta jambore juga untuk meningkatkan wawa­san, pengetahuan serta keterampilan para peserta jambore dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

Promosikan Daerah

Sesampai di arena jam­bore tersebut tim Penggerak PKK Kabupaten Pa­dang­pariaman promosikan keunggulan daerahnya. Pada hari pertama kegiatan jambore, PKK Padangpariaman lakukan dua kegiatan. Sesuai tuntutan lomba seluruh kontingen harus menampilkan drama dengan tema kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kata Yusrita Suhatri Bur kader PKK Padangpariaman memeran cerita dua beradik kakak yang berbeda karakter. Sang adik yang kecanduan gad­get beserta pengaruh ne­gatifnya. Sementara si kakak memiliki sifat religius dan rajin ibadah, demikian juga dengan keluarga lainnya. Pada cerita yang diperankan, PKK Padangpariaman menonjolkan pola pendidikan keluarga dengan pendekatan agama dan kekentalan adatnya. Disamping itu juga menyampaikan pesan kepada orang tua untuk mengontrol anak­nya, agar terbebas dari pengaruh buruk lingku­ngan dan kekerasan seksual.

Kedua adalah tuntutan mendirikan stand sebagai tempat mempromosikan produk-produk unggulan daerah dan produk industri kreatif keluarga kader PKK. Tercatat ada ratusan produk yang memadati stand mereka yang siap memenuhi kebutuhan pe­ngunjung, melalui pameran bahkan untuk dijual.

Yusrita Suhatri Bur me­nyampaikan, kader PKK Padangpariaman siap me­nampilkan yang terbaik dan menjadi yang terbaik. Hari pertama ini katanya, sesuai aturan lomba PKK Padangpariaman telah menampilkan kekayaan budaya daerahnya dan mempromosikan produk-produk unggulannya. “Insya Allah semua sudah kita siapkan, pokja satu bermain peran dan pokja II mendirikan stan guna mempromosikan pro­duk­nya. Kedua-duanya menjadi penilaian dalam lomba, mudah-mudahan men­dapat hasil yang terbaik,” ungkapnya.

Katanya, Alhamdulilah Pokja 4 PKK Kabupaten Padangpariaman meraih hasil terbaik juara 1 dalam kategori PHBS plus yang dilombakan di nagari Pauhkamba kemarin, dan se­tiap Pokja alhamdulilah dapat juara yaitu bidang sekretariat juara 3, pokja 1 juara 2, pokja 3 juara 1 dan pokja 4 juara 1 “Yang membuat PKK Kabupaten Padangpariaman meraih juara umum di jambore PKK kader berprestasi tahun ini. Selamat untuk PKK Padangpariaman yang sangat maju dengan pesat menuju Padangpa­riaman berjaya,” tandasnya mengakhiri. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top