Menu

Tim Pemakaman Jenazah Covid-19, DLH Siapkan 25 Petugas

  Dibaca : 587 kali
Tim Pemakaman Jenazah Covid-19, DLH Siapkan 25 Petugas
Tim Pemakaman Jenazah Covid-19, DLH Siapkan 25 Petugas

AIAPACAH,METRO
Hingga Senin sore (20/4), data positif Covid-19 di Kota Padang ada sebanyak 48 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak tujuh orang sudah meninggal dunia. Data ini berdasarkan update data dari laman corona.padang.go.id yang dikelola Dinas Kesehatan Kota Padang.

Terkait jumlah banyaknya korban meninggal, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pihaknya telah meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menyiapkan beberapa lubang kuburan siap pakai bagi korban yang meninggal karena Covid-19 di TPU Bungus.

Ia menambahkan, dengan ketersediaan lubang siap pakai ini, diharapkan agar proses penguburan korban meninggal dunia bisa dikubur langsung dan tak perlu memakan waktu lama. “Kita tak mau ada kendala disaat penguburan. Sesuai prosedur penguburan jasad korban Covid-19 adalah 4 jam setelah kematian. Makanya kita telah siapkan lubang-lubangnya terlebih dahulu,” sebut Mahyeldi beberapa waktu lalu.

Ia mengimbau kepada semua masyarakat agar selalu menjaga kesehatan, pola makan, social distancing, physical distansing. Sehingga tak sampai tertular oleh virus mematikan ini.

“Ini menyangkut nyawa. Makanya kita selalu mengimbau agar semua warga mematuhi ketentuan ketentuan yang telah kita keluarkan bersama,” sebut Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Padang Mairizon mengatakan, tim pemakaman jenazah korban Covid-19 DLH terbentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Padang Nomor 175 Tahun 2020 tentang Tim Pemakaman Jenazah Korban Corona Virus Disease 2019 tanggal 15 April 2020.

“Tim ini berjumlah 25 orang yang bertugas melakukan proses penyelenggaraan pemakaman jenazah termasuk penggali kubur. Hal ini sesuai dengan SOP Pemakaman Covid-19 dan Fatwa MUI Nomor 18 Tahun 2020 tentang pedoman pengurusan jenazah muslim yang terinfeksi Covid-19,” jelasnya.

Ia menambahkan, tim ini bekerja memakamkan jenazah Covid-19 baik luar Kota Padang maupun di Kota Padang. Pemakaman dilakukan pada jenazah yang positif Covid-19 maupun jenazah yang masih PDP/terindikasi Covid-19.

“Selain itu, tim ini juga menyelenggarakan pemakaman jenazah pada lokasi sesuai dengan permintaan keluarga,” terangnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional