Menu

Tim Opsnal Polres lagi Patroli, Tukang Palak Kabur Masuk Hutan

  Dibaca : 1075 kali
Tim Opsnal Polres lagi Patroli, Tukang Palak Kabur Masuk Hutan
IMBAUAN— Personel Satreskrim Polres Limapuluh Kota melakukan patroli dan imbauan kepada masyarakat dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru dalam masa pendemi Covid-19.

LIMAPULUH KOTA, METRO
Diduga melakukan pungutan liar (pungli) atau tukang palak yang beraksi di Jalan Nasional Sumbar-Riau yang rusak tepatnya di Lubuak Jantan, Nagari Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, sekelompok pemuda lari tunggang langgang masuk dalam hutan ketika mengetahui tim opsnal patroli dari Polres Limapuluh Kota datang, Kamis (24/12) sekitar pukul 22.00 WIB tengah malam.

Karena ketakutan ditangkap Polisi, sehingga sekelompok pemuda yang melakukan pungli kepada pengguna Jalan Sumbar-Riau tengah malam itu tidak sempat memakai sendal dan membawa kaleng yang dijadikan tempat uang hasil pungi. Selain itu, polisi juga menyita barang bukti berupa uang senilai Rp 6.000 rupiah.

“Saat kita melakukan patroli menuju Pangkalan, didapati ada sekelompok pemuda melakukan pungutan liar di Jalan Rusak di Lubuak Jantan, Nagari Manggilang, dan kita lakukan tindakan. Saat hendak diamankan, mereka lari masuk hutan. Dan kita hanya berhasil mengamankan 7 pasang sendal, kaleng yang dijadikan tempat uang hasil pungi serta uang Rp 6.000 rupiah yang berserakan di tengah jalan,” sebut Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.Ik melalui Kasatreskrim AKP Nofrizal Chan, kepada awak media usai melakukan patroli dan penyebaran himbauan dalam rangka menyambut perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021.

Pada kesempatan itu, Kasatreskrim AKP Nofrizal Chan juga menyampaikan arahan kepada tokoh Pemuda dan masyarakat yang berada diseputaran jalan Rusak yang menjadi tempat dilakukan pungli oleh sekelompok pemuda kepada pengguna jalan Sumbar-Riau yang melintas dilokasi.

Disampaikan Kasatreskrim AKP Nofrizal Chan, didampingi Kanit I Resum Aipda Bainur, SH, dilakukannya patroli di jalan lintas Sumbar-Riau dalam suasana perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021 gun menekan angka kriminal terutama Tiga C (Curas, Curat, Curanmor) dan Pungli. “Kita lakukan patroli sepanjang jalan lintas Sumbar-Riau sebagai antisipasi terjadi pencurian dan pungli,” sebutnya.

Selain melakukan patroli sepanjang jalan Sumbar-Riau, Tim Opsnal Satreskrim Polres Limapuluh Kota juga menempelkan himbauan Kapolres di warung-warung di tempat yang berpotensi dijadikan keramaian atau berkumpulnya orang dengan jumlah banyak untuk merayakan penyambutan tahun baru 2021. “ Adapun tempat yang telah didatangi berupa tempat tempat yang dapat menimbulkan keramaian, yaitu Warung disepanjang Fly Over Kelok IX,” terangnya.

Dikatakannya, ada beberapa poin dalam himbauan itu, pertama, bagi masyarakat yang memiliki tempat hiburan cafe dan tempat keramaian lainnya agar tidak mengadakan kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya orang dalam jumlah yang banyak (diberlakukan pembatasan satu meja maksimal 2 orang tidak boleh lebih). Dua, tetap mengutamakan protokol kesehatan Tiga M (Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencucui Tangan). Tiga, dalam melaksanakan perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021 tetap mematuhi protokol kesehatan dan Empat, dilarang menyelenggarakan pesta perayaan tahun baru menggunakan petasan, kembang api dan sejinisnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional