Close

Tim KPK Kunjungi Kota Solok, Monitoring dan Evaluasi Tata Kelola Pemko

MONITORING— Kunjungan tim KPK di Kota Solok dalam melakukan monitoring dan evaluasi tata kelola pemerintaha daerah.

SOLOK, METRO–Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra didampingi Inspektur Kota Solok Kenfilka menyambut kunjungan Tim KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Dengan adanya kunjungan dari Tim KPK ini diharapkan dapat memberikan sumbang saran kepada Pemerintah Kota (Pemko) Solok guna untuk memberikan pen­cerahan kepada Pemko Solok terkait upaya dan tindakan preventif dalam pencegahan tindak pidana korupsi.

Selain itu, lanjut Ramadhani terkait dengan rencana aksi terhadap langkah-langkah yang akan dilakukan terhadap potensi terjadinya korupsi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, akan lebih dipahami. Selain itu masukan untuk mewujudkan perbaikan tata kelola pemerintahan dan penyelamatan keuangan dan aset daerah juga diperlukan.

”Semoga masukan-masukan yang­ Bapak berikan dapat kami imple­men­tasikan di daerah kami,” ujar Rama­dhani.

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra menerima kunjungan Tim KPK RI dalam monitoring dan evaluasi rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi tahun 2021. Kunjungan KPK RI dipimpin Koordinator Tim KPK, Arief Nurcahyo, disambut di ruang kerja Wali Kota Solok, kegiatan dilanjutkan dengan Rapat koordinasi dengan OPD terkait di Aula Bappeda, Rabu (29/9).

Koordinator Tim KPK, Arief Nurcahyo mengatakan, kedatangan pihaknya dalam monitoring dan evaluasi tata kelola pemerintahan dalam program pencegahan korupsi di Kota Solok. Arief menjelaskan, ada tiga agenda utama tim KPK di Kota Solok, pertama Monitoring dan Evaluasi Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di lingkungan Pemko Solok tahun 2021.

Selain itu pihak KPK akan memberikan sosialisasi dan pembekalan terkait dengan aksi dalam pemberantasan korupsi di DPRD Kota Solok. Arief Nurcahyo berharap adanya sinergi yang positif antara Legislatif dan Eksekutif.  “Karena apabila kedua lembaga ini tidak memiliki hubungan yang baik, maka penyelenggaraan pemerintahan di daerah tidak akan berhasil, sehingga dapat menghambat pembangunan di daerah” tuturnya.

Kunjungan ini juga melihat pelayanan publik di Kota Solok, strategi dan pengoptimalan daerah di masa pandemi dalam rangka menjaga dan memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah.  “Kami berharap pemerintah Kota Solok terhindar dari korupsi” ungkapnya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top